PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM UNTUK MENIN GKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Hak Asasi Manusia di Kelas X - A SMA Sumatra 40 Bandung )

ADITYA SATRIA BUDIMAN, 115010020 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM UNTUK MENIN GKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Hak Asasi Manusia di Kelas X - A SMA Sumatra 40 Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
01. Cover Skripsi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. Abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (66kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajara n PAIKEM keaktifan, dan siswa Keaktifan belajar siswa yang kurang, pembelajaran yang dianggap tidak penting sekaligus membosankan, dan metode mengajar guru yang menjenuhkan merupakan permasalahan yang biasa terjadi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Salah satu alternatif yang dapat dijadikan st rategi belajar untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran PAIKEM. Penggunaan model pembe lajaran in i diharapkan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Oleh karena itu peneliti mengambil judul “Penggunaan Model Pembelajaran PAIKEM untuk Meningkatkan Keaktifan Belaja r Siswa pada Mata Pelajaran P endidikan K ewarganegaraa n”. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui gambaran pen ggunaan model pembelajaran PAIKEM untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan materi H ak A sas i M anusia di Kelas X - A SMA Sumatra 40 Bandung . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk pencermatan dalam bentuk tindakan terhadap kegiatan belajar yang sengaja dimunculka n dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Peneliti melakuka n pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PAIKEM dari mulai perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di Kelas X - A SMA Sumatra 40 Bandung den gan o bjek penelitian sebanyak 35 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki - laki dan 18 Sis wa perempuan. Berdasarkan h asil penelitian menunjukan siswa kelas X - A SMA Sumatra 40 Bandung sangat aktif ketika pembelajaran menggunakan model pembelajaran PAIKEM. Hal ini dapat di lihat dari kenaikan persentase keaktifan belajar siswa. Pada tindakan awal memperoleh persentase 36,2 % tergolong dalam kategori kurang. Pada siklus satu me mperoleh persentase sebesar 53,2 % tergolong dalam kategori cukup. Pada siklus dua me mperoleh persentase sebesar 72,5 % tergolong dalam kategori baik . Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan kea ktifan belajar siswa pada kela s X - A SMA Sumatra 40 Bandung.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Apr 2016 06:55
Last Modified: 09 Apr 2016 06:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/3024

Actions (login required)

View Item View Item