Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Assistium Menggunakan Pendekatan Model End User Computing Satisfaction (EUCS) (Studi Kasus : Assessment Center Indonesia - Telkom Indonesia)

PANGGIL GITA SUCI, 133040144 and DJUNAEDY SAKAM, DS and Comaluddin Tarsim, DS (2017) Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Assistium Menggunakan Pendekatan Model End User Computing Satisfaction (EUCS) (Studi Kasus : Assessment Center Indonesia - Telkom Indonesia). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (460kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komputer saat ini semakin meningkat dan bukan lagi hal asing di masyarakat khususnya di suatu perusahaan atau organisasi. Dengan adanya teknologi informasi, beberapa pekerjaan menjadi lebih mudah dan dapat dengan cepat terselesaikan. Informasi dapat didapatkan lebih up-to-date dan akurat, pengelolan dan pengolahan data dalam jumlah yang banyak menjadi lebih mudah dan cepat. Assessment Center Indonesia merupakan unit pelaksana Assessment Center di lingkungan PT. Telekomunikasi Indonesia yang dalam kegiatan sehari-harinya menggunakan perangkat lunak sebagai alat bantu dalam mengelola kegiatan Assesment. Salah satu perangkat lunak yang digunakan yaitu Assessment Information System for Ingenium (Assistium). Tujuan dari adanya aplikasi Assistium dapatlah diketahui secara umum yaitu pendukung operasional kegiatan Assessment, serta pelaporan mengenai penyelenggaraan program Assessment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna aplikasi Assistium dengan menggunakan pendekatan model EUCS (End User Computing Satisfaction) yaitu metode untuk mengukur kepuasan pengguna suatu sistem aplikasi dengan membandingkan antara harapan dan kenyataan sebuah sistem informasi. Model evaluasi ini dikembangkan oleh Doll & Torkzadeh. Evaluasi dengan menggunakan model ini lebih menekankan kepuasan pengguna akhir terhadap aspek teknologi, dengan menilai isi, keakuratan, bentuk, waktu, dan kemudahan pengguna dari aplikasi. Hasil pengolahan data menggunakan software SPSS versi 24.0 (Statistic Program for Social Science). Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi berganda, dan pengujian uji t dan F. Hasil dari pengujian tersebut akan menjadi kesimpulan untuk mengetahui pengaruh dari lima variabel EUCS terhadap kepuasan Assessment Center Indonesia sebagai pengguna. Kata kunci : Penilaian, Assistium, EUCS (End User Computing Satisfaction), SPSS for windows version 24.0 (Statistic Program for Social Science)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 04 Oct 2017 03:51
Last Modified: 04 Oct 2017 03:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30219

Actions (login required)

View Item View Item