ADE SABARUDIN HIDAYAT, 115060343 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN PASEH II PADA PELAJARAN IPA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pokok Bahasan Perubahan Sifat Benda di Kelas V SDN Paseh II Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COPER.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (839kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (829kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini diteliti oleh Ade Sabarudin Hidayat di kelas V SDN Paseh II. Latar belakang masalah hasil belajar peserta didik yang rendah pada pelajaran IPA dikarenakan proses belajar mengajar yang kurang menarik sehingga membuat hasil belajar peserta didik rendah dan nilai dibawah KKM. Adapun rumusan masalah, Apakah penerapan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil pembelajaran?. Peneliti juga mengemukakan lima pertanyaan penelitian yaitu: 1) Bagaiman prestasi belajar peserta didik sebelum mengikuti proses pembelajaran? 2) Bagaimana dokumen pembelajaran? 3) Bagaimana aktivitas belajar peserta didik selama mengikuti pembelajaran? 4) Bagaiman aktivitas guru selama guru melaksanakan pembelajaran? 5) Bagaiman hasil belajar peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran?. Tujuan dari penelitian ini antara lain: 1) Untuk mengetahui bagaiman perencanaan dengan menggunakan penerapan metode NHT. 2) Mengetahui bagaimana proses aktivitas peserta didik dan guru terhadap model NHT. 3) Untuk mengetahui hasil belajar setelah mengikuti model NHT. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK. Objek penelitian adalah siswa kelas V SDN Paseh II. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dokumen guru, lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan model NHT yaitu: 1)Perolehan nilai pada tahap pra siklus yaitu 80% peserta didik belum mencapai KKM dan 20% peserta didik sudah mencapai KKM. 2) Berdasarkan dokumen pada siklus I mencapai 75% dan siklus II 93%. 3) Berdasarkan aktivitas peserta didik pada siklus I mencapai 70% dan siklus II 85%. 4) Berdasarkan aktivitas guru pada siklus I mencapai 80% dan siklus II 94%. 5) Hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai 40% dan siklus 2 mencapai 86%. Dengan demikian maka pembelajaran menggunakan NHT dinyatakan berhasil. Kata kunci: Model Pembelajaran NHT, Meningkatkan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2011 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Oct 2017 01:44 |
Last Modified: | 04 Oct 2017 01:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30191 |
Actions (login required)
View Item |