INDRIAWATI, 135040108 (2017) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MIVI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. COVER.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
RINGKESAN.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (412kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengenai penggunaan media pembelajaran berbasis MIVI (Multimedia Interaktif Visual). Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk membuktikan adanya peningkatan kemampuan kognitif siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis MIVI pada materi sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan kognitif siswa kelas XI IPA di SMA Taman Siswa Rancaekek terhadap materi sistem peredaran darah manusia yang disebabkan oleh kurang optimalnya penggunaan media didalam kelas. Sehingga siswa banyak yang tidak mencapai kriterian ketuntasan minimum dalam ranah kognitif, kurang interaktif, mengalami kejenuhan, dan sulit memahami materi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra eksperimental. Desain penelitiannya adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 yang ditentukan dengan teknik purpossive sampling. Instrumen berupa 20 soal pilihan ganda dengan hasil penelitian; nilai rata-rata pretest sebesar 49,94 dan rata-rata posttest sebesar 82,65. Setelah dilakukan penelitian pretest dan posttest peneliti melanjutkan dengan uji Z dan diperoleh dengan hasil uji Z signifikan, karena z hitung > z tabel sebesar 4,19 > 1,7. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak, sehingga media yang diberikan sudah diterima dengan baik dan terdapat peningkatan yang signifikan antara siswa sebelum melakukan penggunaan media pembelajaran berbasis MIVI dengan nilai siswa yang sudah diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis MIVI. Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, MIVI, Materi Sistem Peredaran Darah Manusia
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Oct 2017 06:27 |
Last Modified: | 03 Oct 2017 06:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30167 |
Actions (login required)
View Item |