PEMBELAJARAN MENGONVERSI FILM KE DALAM BENTUK TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BAGAN DI KELAS XI SMA KARTIKA XIX-1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

CHRISNA NOVI YANTI RASMADI, 135030139 (2017) PEMBELAJARAN MENGONVERSI FILM KE DALAM BENTUK TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BAGAN DI KELAS XI SMA KARTIKA XIX-1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menulis merupakan pencapaian untuk mengungkapkan gagasan, pendapat, dan perasaan kepada pihak lain dengan melalui bahasa tulisan. Media bagan adalah media pembelajaran untuk menyampaikan ide atau konsep yang sulit untuk disampaikan secara tertulis atau lisan, kemudian dituliskan ke dalam be ntuk poin-poin dengan sebuah gambar sehingga dapat membentuk sebuah ringkasan penting dari ide atau konsep tersebut. Oleh karena itu penulis tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Pembelajaran Mengonversi Film ke dalam Bentuk Teks Cerita Pendek dengan Menggunakan Media Bagan di kelas XI SMA Kartika XIX-1 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017. Rumusan masalah ini meliputi kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengon-versi film ke dalam bentuk teks cerita pendek, kemampuan peserta didik dalam mengonversi film ke dalam bentuk teks cerita pendek, dan keefektifan media bagan dalam pembelajaran mengonversi film ke dalam bentuk teks cerita pendek di kelas XI SMA Kartika XIX -1 Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen semu dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, uji coba, tes dan analisis. Hasil dari pe nelitian yang telah dilakukan menunjukkan keberhasilan. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pem-belajaran mengonversi film ke dalam bentuk teks cerita pendek, dapat dibuktikan dari hasil penilaian guru Bahasa Indonesia mengenai persiapan dan pelaksanaan pembelajaran. Penulis mendapatkan nilai rata-rata 3,64 dalam merencanakan dan pelaksanaan pembelajaran mengonversi film ke dalam bentuk teks cerita pendek. Peserta didik mampu mengonversi film ke dalam bentuk teks cerita pendek, dapat dibuktikan dari hasil pretes dengan rata-rata 60.74 dan data hasil postes dengan rata-rata 84,03. Perbedaan tersebut menunjukkan selisih 23,3. Media bagan efektif digunakan di kelas XI SMA Kartika XIX-1 Bandung, dapat dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan menunjukkan t hitung dan t tabel yakni 4,86 ≥ 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan drajat kebebasan 29. Dengan demikian, penulis menyimpulkan penelitian tersebut menunjukkan keberhasilan. Kata Kunci: Pembelajaran, mengonversi, film, teks cerita pendek, dan media bagan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2017 07:38
Last Modified: 02 Oct 2017 07:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30149

Actions (login required)

View Item View Item