PERBANDINGAN KEMANDIRIAN MAHASISWA YANG TINGGAL BERSAMA ORANG TUA DENGAN MAHASISWA YANG TIDAK TINGGAL BERSAMA ORANG TUA SEBAGAI WUJUD PEMBENTUKKAN WARGA NEGARA YANG BAIK (Studi Deskriptif Komparatif Kuantitatif Mahasiswa PPKn Universitas Pasundan Bandung)

NENENG ROSIDAH, 135010066 (2017) PERBANDINGAN KEMANDIRIAN MAHASISWA YANG TINGGAL BERSAMA ORANG TUA DENGAN MAHASISWA YANG TIDAK TINGGAL BERSAMA ORANG TUA SEBAGAI WUJUD PEMBENTUKKAN WARGA NEGARA YANG BAIK (Studi Deskriptif Komparatif Kuantitatif Mahasiswa PPKn Universitas Pasundan Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian deskriptif komparatif ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemandirian mahasiswa yang tinggal bersama orang tua dengan mahasiswa yang tidak tinggal bersama orang tua. Hipotesis menyatakan bahwa ada perbedaan kemandirian antara mahasiswa yang tinggal bersama orang tua dengan mahasiswa yang tidak tinggal bersama orang tua, dimana kemandirian mahasiswa yang tidak tinggal bersama orang tua lebih tinggi daripada mahasiswa yang tinggal bersama orang tua. Desain penelitian menggunakan Independent Sample t-test. Subjek penelitian adalah kelompok mahasiswa yang tinggal bersama orang tua dan mahasiswa yang tidak tinggal bersama orang tua masing-masing 5 subjek. Analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemandirian yang signifikan antara mahasiswa yang tinggal bersama orang tua dan mahasiswa yang tidak tinggal bersama orang tua. Tingkat kemandirian tersebut ditunjukkan dari data responden yang merupakan indikator kemandirian. Item yang paling sering muncul pada mahasiswa yang tidak tinggal bersama orangtua adalah “remaja dapat mengerjakan tugas -tugas kuliah tanpa meminta bantuan dari orang lain selalu menceritakan kegiatan kepada orang tua, dan orang tua juga selalu bertanya mengenai aktivitas setiap harinya” dan paling jarang dilakukan adalah remaja lebih memilih pekerjaan dengan upah yang lebih besar walaupun mereka harus bekerja keras, mampu mengatur keuangan sendiri dengan baik, dan pada waktu akan mempresentasikantugas kelompok, biasanya akan mengajukan diri untuk mewakili kelompok”, sedangkan mahasiswa yang tinggal bersama orang tua item yang sering muncul adalah “remaja akan memberi kabar kepada orang tua kemana mereka akan pergi, remaja lebih banyak dipengaruhi oleh pendapat orang tua dalam mengambil keputusan yang menyangkut diri sendiri, dan remaja ingin agar orang tuanya tidak terlalu ikut mencampuri urusannya” dan aktivitas paling jarang muncul adalah “remaja lebih banyak menghabiskan waktu dengan gadjet daripada mengobrol dengan teman, memiliki dorongan yang kuat untuk selalu sukses dalam prestasi akademik, dan orang tua juga selalu ingin tau aktivitas remaja setiap hari”. Kata kunci : Kemandirian, Mahasiswa Tinggal Bersama Orang Tua, Mahasiswa Tidak Tinggal Bersama Orang Tua

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2017 04:36
Last Modified: 02 Oct 2017 04:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30138

Actions (login required)

View Item View Item