PERAN CAMAT KECAMATAN CISARUA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN WARGA UNTUK MEMILIKI E-KTP SEBAGAI BUKTI KEWARGANEGARAAN DI KECAMATAN CISARUA KABUPATEN BANDUNG BARAT (Penelitian Kualitatif Di Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat)

FANNI APRILIANTI, 135010059 (2017) PERAN CAMAT KECAMATAN CISARUA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN WARGA UNTUK MEMILIKI E-KTP SEBAGAI BUKTI KEWARGANEGARAAN DI KECAMATAN CISARUA KABUPATEN BANDUNG BARAT (Penelitian Kualitatif Di Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB III.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Camat Kecamatan Cisarua dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Untuk Memiliki E-KTP sebagai Bukti Kewarganegaraan di Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat (Penelitian Kualitatif Di Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat)”. Tujuan diadakannya penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh camat Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat dalam meningkatkan kesadaran warga untuk memiliki e-KTP sebagai bukti kewarganegaraan. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian kualitatif. Subjek pe nelitian ini adalah camat di Kecamatan Cisarua Kab. Bandung Barat dan objek penelitian adalah e-KTP. Intrumen yang digunakan yaitu wawancara, angket dan observasi. Seperti yang telah dipaparkan dalam UU No 24 Tahun 2014, camat berperan penting dalam meningkatkan kesadaran warga untuk memiliki e-KTP sebagai bukti kewarganegaraan. Bukan hanya melalui sosialisasi, camat juga perlu meningkatkan pelayanan dan sarana prasarana di Kecamatan agar warga tertarik untuk mengurus administrasi kependudukan (e-KTP). Peran camat terlihat dari sebagian besar warga yang menyatakan camat menjalankan komunikasi yang baik dengan warganya. Hampir sebagian besar warga tahu tentang pentingnya memiliki e-KTP, kesadaran sebagian warga untuk memiliki e-KTP sudah cukup baik. Pelayanan dan sarana prasarana pun sudah baik sehingga tidak membuat warga malas untuk membuat e-KTP, namun kurangnya himbauan kembali bagi warga yang belum membuat e-KTP. Berdasarkan pengolahan dan analisis data yang telah diperoleh selama masa penelitian di Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat, peneliti mencoba menyimpulkan bahwa peranan camat dalam meningkatkan kesadaran warga untuk membuat e-KTP sebagai bukti kewarganegaraan sangat penting keberadaanya. Hal ini dikarenakan, camat sebagai seorang pemimpin di kecamatan perlu mengetahui tugas dan wewenangnya sehingga camat dapat menjalankan roda pemerintahan di kecamatan dengan sebaik-baiknya. Peranan dasar camat dalam meningkatkan kesadaran warga untuk memiliki e-KTP sebagai bukti kewarganegaraan ditinjau dari sejauh mana camat melakukan sosialisasi atau edukasi mengenai pentingnya membuat e-KTP dan sejauh mana camat merealisasikan proses pembuatan e-KTP yang nyaman, menyenangkan, cepat dan tidak berbelit ka rena kepuasan warga saat membuat e-KTP dapat mempengaruhi minat warga untuk membuat e-KTP tersebut. Camat harus menindak lanjuti adanya 2.204 warga yang belum membuat e-KTP dengan cara berkoordinasi dengan aparatur desa atau kelurahan untuk melakukan sosialisasi atau edukasi ulang kepada para ketua RW atau RT agar mereka dapat menginformasikan kembali kepada warga yang belum membuat e-KTP untuk segera menggurus kelengkapan administrasi kependudukan salah satunya e-KTP yang sangat penting bagi dirinya dan negara. Kata kunci: Peran camat dan kesadaran masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 29 Sep 2017 06:21
Last Modified: 14 Oct 2017 03:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30104

Actions (login required)

View Item View Item