PENGARUH BERPACARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Penelitian Kuantitatif Kelas XI Semester Genap SMKN 15 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

WULANDARI PUTRI UTAMI, 135010052 (2017) PENGARUH BERPACARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Penelitian Kuantitatif Kelas XI Semester Genap SMKN 15 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
cover skripsi wulan.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka wln.pdf

Download (50kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pelajar merupakan suatu objek yang masih rentan terhadap pengaruh masa kini. Salah satunya berpacaran. Pacaran adalah aktivitas yang dekat dengan dunia remaja. Pacaran berpengaruh terhadap prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh berpacaran terhadap prestasi belajar siswa di kelas XI SMKN 15 bandung, Metode penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah terdapat korelasi antara Variable (X) dan Variable (Y) dengan koefisien korelasi (R) = -0,810 yang berarti ada hubungan antara variabel berpacaran (X) dengan variabel prestasi belajar (Y). Koefisien korelasi bernilai negatif, artinya semakin tinggi nilai variabel berpacaran, maka prestasi belajar akan menurun. Persamaan regresi linier sederhana adalah Y = 105,831 - 0,332X1. Artinya jika berpacaran (X) bernilai 0, maka berpacaran memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,332 dan nilai tersebut bertanda negatif, yang berarti setiap terjadinya peningkatan satu satuan pada berpacaran (X) diprediksi menurunkan prestasi belajar siswa sebesar 0,332. Prosentase sumbangan pengaruh variabel independen, yaitu berpacaran terhadap variabel dependen (prestasi belajar) sebesar 65,6%. Sedangkan sisanya sebesar 34,4% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel atau faktor lain baik dari dalam maupun dari luar lingkungan belajar peserta didik. Kesimpulannya semakin tinggi nilai variabel berpacaran, maka prestasi belajar akan menurun. Saran hendaknya guru lebih memperhatikan kegiatan siswa-siswinya dan mengarahkan siswa untuk melakukan kegiatan positif yang menunjang prestasi belajar. Kata Kunci: Berpacaran, Prestasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Sep 2017 09:16
Last Modified: 27 Sep 2017 09:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30073

Actions (login required)

View Item View Item