SILVIANA MAYA WIDYASTIKA, 135050050 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIK, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN SELF-CONFIDENCE MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (563kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) | Preview |
Abstract
Matematika adalah salah satu ilmu pengetahuan yang sangat berguna dalam segala aspek kehidupan dan merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Kemampuan penalaran matematis sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika. Namun kemampuan penalaran matematis siswa ternyata masih rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis adalah model pembelajaran Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI). Menurut metodenya, penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Bandung tahun pelajaran 2016/2017. Dipilih dua kelas secara acak sebagai sampel penelitian. Kelas VIII J sebagai kelas eksperimen yang mendapat model pembelajaran Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI) dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol yang mendapat model pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan penalaran dan self-confidence matematis. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan, yaitu: 1) kemampuan penalaran siswa yang memperoleh model pembelajaran Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI) lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) Self- confidence yang memperoleh model pembelajaran Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI) lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Model Pembelajaran Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI), Self-Confidence, Model Pembelajaran Konvensional
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 28 Sep 2017 06:19 |
Last Modified: | 28 Sep 2017 06:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30072 |
Actions (login required)
View Item |