PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIK, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN SELF-CONFIDENCE MATEMATIS SISWA SMP

SILVIANA MAYA WIDYASTIKA, 135050050 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIK, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN SELF-CONFIDENCE MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Matematika adalah salah satu ilmu pengetahuan yang sangat berguna dalam segala aspek kehidupan dan merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Kemampuan penalaran matematis sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika. Namun kemampuan penalaran matematis siswa ternyata masih rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis adalah model pembelajaran Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI). Menurut metodenya, penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Bandung tahun pelajaran 2016/2017. Dipilih dua kelas secara acak sebagai sampel penelitian. Kelas VIII J sebagai kelas eksperimen yang mendapat model pembelajaran Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI) dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol yang mendapat model pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan penalaran dan self-confidence matematis. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan, yaitu: 1) kemampuan penalaran siswa yang memperoleh model pembelajaran Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI) lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) Self- confidence yang memperoleh model pembelajaran Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI) lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Model Pembelajaran Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI), Self-Confidence, Model Pembelajaran Konvensional

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 28 Sep 2017 06:19
Last Modified: 28 Sep 2017 06:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30072

Actions (login required)

View Item View Item