PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI BERUPA PERMASALAHAN AKTUAL DALAM CERAMAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION PADA SISWA KELAS XI SMK NASIONAL BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

BAROKATUS SHOLEKHAH, 135030085 (2017) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI BERUPA PERMASALAHAN AKTUAL DALAM CERAMAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION PADA SISWA KELAS XI SMK NASIONAL BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
A. COVER.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
I. BAB 1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
J. BAB III+.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text
K. BAB IV+.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
L. BAB V+.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
M. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Mengidentifikasi adalah kegiatan peserta didik menentukan/menetapkan suatu informasi. Model student teams achievment division adalah model untuk meningkatkan kemampuan peserta didik. Sehubungan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual dalam ceramah dengan menggunakan model Student Teams Achievment Division pada siswa kelas XI SMK Nasional Bandung. Permasalahan yang penulis ajukan adalah; 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual dalam ceramah dengan menggunakan model student teams achievment division pada siswa kelas XI SMK Nasional Bandung?; 2) Mampukah siswa kelas XI SMK Nasional Bandung mengikuti pembelajaran mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual dalam ceramah dengan tepat?; serta 3) Efektifkah model student teams achievment division dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual dalam ceramah pada siswa kelas XI SMK Nasional Bandung? Tujuan penelitian ini berdasarkan permasalahan yang dirumuskan penulis. Tujuannya yaitu untuk mencapai keberhasilan penulis dalam merencanaan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran yang dilakukan; mengetahui kemmpuan siswa kelas XI dalam pembelajaran; serta efektifnya model pembelajaran yang digunakan. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen, dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya adalah penilaian perencanaan pembelajaran sebesar 93,5 dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 96,1. Selanjutnya, dilihat dari rata-rata nilai pretes sebesar 22,30 dan rata-rata nilai postes sebesar 85,38. Peningkatan diantara keduanya sebesar 63,08. Terakhir, terdapatnya pembuktian hasil uji statistik thitung > ttabel (20,15 > 2,06) pada taraf kepercayaan 95%, dan dengan derajat kebebasan 25, dengan hasil persentase sebesar 242,61%. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penelitian pembelajaran mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual dalam ceramah pada siswa kelas XI SMK Nasional Bandung, telah dilaksanakan dengan baik dan berhasil dengan baik. Kata Kunci: pembelajaran, identifikasi, ceramah, student teams achievment division.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Sep 2017 06:07
Last Modified: 29 Sep 2017 07:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30053

Actions (login required)

View Item View Item