PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA SMK

DEDEN, 125050112 (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA SMK. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 revisi(bagan).pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFUS.pdf

Download (14kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dalam kegiatan belajar mengajar, pengajar harus memberikan kemudahan agar peserta didik mendapatkan pengalaman belajar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya, sehingga dapat terwujud interaksi yang lebih komunikatif. Maka dari itu cara yang cocok untuk mengaktifkan siswa adalah dengan menggunakan model Reciprocal Teaching. Adapun latar belakang masalah yang menjadi titik tolak penelitian ini adalah mencari suasana baru dalam pembelajaran. Dalam penerapannya, Reciprocal Teaching lebih mengutamakan partisipasi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, karena dalam sistem pengajaran dengan pendekatan keterampilan proses siswa harus lebih aktif daripada guru. Karena guru hanya bertindak sebagai pembimbing dan fasilitator sehingga, siswa diberi kesempatan untuk berpikir lebih aktif dan kreatif. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Reciprocal Teaching lebih baik daripada dengan siswa yang memperoleh pembelajaran secara Problem Based Learning; 2) untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model Reciprocal Teaching; 3) untuk mengetahui korelasi antara kemampuan berpikir kreatif matematik dan sikap siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa SMK Puragabaya Bandung tahun ajaran 2016/2017. Dan sampel diambil sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tipe uraian soal-soal kemampuan berpikir kreatif matematik dan angket skala sikap. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang mendapatkan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning; 2) siswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching; 3) terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kreatif matematik dengan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Kata Kunci : Reciprocal Teaching, Problem Based Learning, Berpikir Kreatif Matematik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2012
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Sep 2017 03:46
Last Modified: 27 Sep 2017 03:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30034

Actions (login required)

View Item View Item