PEMBELAJARAN MENDEMONSTRASIKAN NASKAH DRAMA DENGAN MEMERHATIKAN ISI DAN KEBAHASAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DI KELAS XI SMAN 1 JAMPANGKULON TAHUN PELAJARAN 2016/2017

NURUL FARIDAH, 135030088 (2017) PEMBELAJARAN MENDEMONSTRASIKAN NASKAH DRAMA DENGAN MEMERHATIKAN ISI DAN KEBAHASAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DI KELAS XI SMAN 1 JAMPANGKULON TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img] Text
COVER.pdf

Download (0B)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (0B)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (0B)
[img] Text
RINGKESAN.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (0B)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dalam Kurikulum 2013 mendemonstrasikan naskah drama merupakan ke-terampilan berbicara. Berkaitan dengan penjelasan diatas, penuis tertarik melaku-kan penelitian pembelajaran mendemonstrasikan naskah drama dengan memerhati-kan isi dan kebahasaan dengan menggunakan metode role playing di kelas XI SMAN 1 Jampangkulon. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah: 1) Mampukah penulis meren-canakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mendemonstrasikan naskah dra-ma dengan memerhatikan isi dan kebahasaan dengan menggunakan metode role playing di kelas XI SMAN 1 Jampangkulon?; 2) Mampukah peserta didik di kelas XI SMAN 1 Jampangkulon mendemonstrasikan naskah drama dengan memerhati-kan isi dan kebahasaan?; 3) Efektifkah metode role playing diterapkan dalam pem-belajaran mendemonstrasikan naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebaha-saan di kelas XI SMAN 1 Jampangkulon? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode pre-eksperimen jenis one group pretest posttest design dengan teknik penelitian observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya adalah: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran men-demonstrasikan naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan dengan menggunakan metode role playing di kelas XI SMAN 1 Jampangkulon. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh penulis sebesar 3,7 dan termasuk ke dalam kategori sangat baik (A); 2) Peserta didik di kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Jampangkulon mampu mendemons-trasikan naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan. Hal ini dibuk-tikan dari nilai rata-rata pretes sebesar 60,02 dan nilai rata-rata postes 88,15 atau peningkatan sebesar 9,38%; 3) Metode role playing efektif digunakan dalam pembelajaran mendemonstrasikan naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan. Hal ini dibuktikan dengan uji statistik t hitung ≥ t tabel yaitu 22,1 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95 % dengan taraf signifikan 5 % dan derajat kebebasan 29. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa pem-belajaran metode role playing efektif digunakan dalam mendemonstrasikan naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan di kelas XI SMAN 1 Jampang-kulon. Kata Kunci: Mendemonstrasikan, berbicara, naskah drama, metode role playing.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Sep 2017 07:08
Last Modified: 26 Sep 2017 07:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29988

Actions (login required)

View Item View Item