IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DRILL TERHADAP PROSES BELAJAR MENGAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI (Penelitian Survey Pada Mata Pelajaran Produktif Akuntansi Sub Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian Kelas X AK 1 SMK Negeri 3 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

SELA MUTIARA WATI, 135020048 (2017) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DRILL TERHADAP PROSES BELAJAR MENGAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI (Penelitian Survey Pada Mata Pelajaran Produktif Akuntansi Sub Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian Kelas X AK 1 SMK Negeri 3 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini “Implementasi Metode Pembelajaran Drill Terhadap Proses Belajar Mengajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Akuntansi (Sub Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian Kelas X AK 1 SMK Negeri 3 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi peserta didik mengenai implementasi metode pembelajaran drill dan proses belajar mengajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal penyesuaian di kelas X AK 1 SMK Negeri 3 Bandung serta untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran drill terhadap proses belajar mengajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal penyesuaian di kelas X AK 1 SMK Negeri 3 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X akuntansi 1 di SMK Negeri 3 Bandung yang berjumlah 34 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata-rata (mean) skor dengan bantuan SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai metode pembelajaran drill sebesar 3,83, sedangkan mengenai proses belajar mengajar peserta didik sebesar 3,66, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap metode pembelajaran drill dan proses belajar mengajar peserta didik berada pada kategori “Baik”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil penelitian pengaruh penerapan media metode pembelajaran drill yaitu diperoleh harga koefisien determinasi R Square sebesar 0,634. Proses belajar mengajar dipengaruhi oleh metode pembelajaran drill sebesar 63,4% sebagian lainnya 36,6% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penggunaan metode pembelajaran drill. Kesimpulan penelitian persepsi peserta didik mengenai metode pembelajaran drill dan proses belajar mengajar, keduanya berada pada kategori baik, hipotesis penelitian dapat diterima terdapat pengaruh positif antara metode pembelajaran drill terhadap proses belajar. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran, siswa diharapkan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, guru sebaiknya menggunakan berbagai metode pembelajaran, agar proses belajar mengajar tidak terlihat pasif dan sekolah menekankan kepada guru untuk menggunakan metode yang berpusat pada siswa agar siswa dapat lebih aktif mengikuti proses pembelajaran, serta kepada peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian serupa, dengan menggunakan metode pembelajaran yang berbeda agar diperoleh alternatif untuk meningkatkan proses belajar mengajar. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Drill, Proses Belajar Mengajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2017 07:46
Last Modified: 23 Sep 2017 07:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29903

Actions (login required)

View Item View Item