PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI SEBUAH RESENSI DARI CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LECTORA INSPIRE DI KELAS XI SMAN 17 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

YESSY HERMAWAN, 135030069 (2017) PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI SEBUAH RESENSI DARI CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LECTORA INSPIRE DI KELAS XI SMAN 17 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
Text
DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (58kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Resensi merupakan ringkasan mengenai penilaian dari sebuah karya. Cerpen menurut wujud fisiknya adalah cerita yang pendek. Media Lectora inspire merupakan media pembelajaran interaktif yang biasanya mengacu pada produk dan layanan digital pada sistem berbasis komputer. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai “Pembelajaran Mengons-truksi Sebuah Resensi dari Cerita Pendek dengan Menggunakan Media Lectora Inspire di Kelas XI SMAN 17 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017”. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah: 1) mampukah penulis me-rencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengonstruksi sebuah re-sensi dari cerita pendek dengan menggunakan media lectora inspire di kelas XI SMAN 17 Bandung tahun pelajaran 2016/2017?; 2) mampukah peserta didik kelas XI SMAN 17 Bandung mengonstruksi sebuah resensi dari cerita pendek dengan tepat dan benar?; dan 3) efektifkah media lectora inspire diterapkan dalam pembelajaran mengonstruksi sebuah resensi dari cerita pendek di kelas XI SMAN 17 Bandung?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengonstruksi sebuah resensi dari cerita pendek dengan menggunakan media lectora inspire, kemampuan peserta didik dalam mengonstruksi sebuah resensi dari cerita pendek, dan keefektifan media lectora inspire digunakan dalam pembelajaran mengonstruksi sebuah resensi dari cerita pendek pada peserta didik kelas XI SMAN 17 Bandung. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu atau quasi eksperiment dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, tes dan analisis. Adapun hasil penelitiannya adalah penilaian hasil perencanaan pembelajaran sebesar 3.70 dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3.68 dengan rata-rata nilai kumulatif sebesar 3.69 Nilai tersebut termasuk kategori baik sekali (A). Selanjutnya, dilihat dari rata-rata nilai pretes sebesar 39.35 dan rata-rata nilai postes sebesar 82.1. Mencapai peningkatan belajar dengan nilai postes lebih besar dari nilai pretes, yakni 82.1 ≥ 39.35 dan nilai rata-rata pretes dan postes yaitu 42.66. Terakhir, terdapatnya pembuktian dari hasil perhitungan statistik manual dengan hasil t hitung ≥ t tabel, yaitu 20.21 ≥ 2,04 pada tingkat kepercayaan 95%, dan d.b sebesar 29. Berdasarkan data dari penelitian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penelitian pembelajaran mengonstruksi sebuah resensi dari cerita pendek dengan menggunakan media lectora inspire di kelas XI SMAN 17 Bandung, sudah dilaksanakan dan berhasil dengan baik. Kata Kunci: Pembelajaran, mengonstruksi, resensi, cerita pendek, media lectora inspire.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2017 07:41
Last Modified: 23 Sep 2017 07:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29902

Actions (login required)

View Item View Item