PENGARUH MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Studi Kasus Pada Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan)

Nenden Siti Nengrum, 135020054 (2017) PENGARUH MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Studi Kasus Pada Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan, untuk mengetahui minat berwirausaha siswa, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas X program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Pasundan 2 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Pasundan 2 Bandung yang berjumalah 105 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata-rata (mean) skor dengan bantuan SPSS release 21.0 for windows. Hasil penelitian rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan sebesar 4.00 , sedangkan mengenai minat berwirausaha sebesar 3,93, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan serta minat berwirausaha “setuju”. Persepsi setuju diberikan oleh siswa karena mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan dapat mempengaruhi minat berwirausaha siswa. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil penelitian pengaruh mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan yaitu koefisien determinasi R Square sebesar 0,574. Hal ini dinyatakan variabel X mempunyai pengaruh sebesar 57,4% terhadap variabel Y dan sisa nya 42,6% dipengaruhi faktor lain. Faktor yang memberikan pengaruh kepada variabel Y sebanyak 57,4% disebabkan oleh indikator variabel X berupa tujuan mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Kesimpulan penelitian dapat diterima, sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran agar guru selalu memberikan motivasi serta pelatihan pembuatan suatu karya kepada siswa pada saat pembelajaran prakarya dan kewirausahaan, serta sekolah dapat menyediakan fasilitas untuk siswa belajar berwirausaha disekolah, karena cara ini dapat meningkatkan minat berwirausaha siswa. Kata Kunci: Mata Pelajaran Prakarya Kewirausahaan dan Minat Berwirausaha Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2017 07:09
Last Modified: 23 Sep 2017 07:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29897

Actions (login required)

View Item View Item