PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA (Sub Pokok Bahasan Jurnal Umum dan Buku Kelas X AK 1 Di SMK Negeri 3 Bandung Tahun Ajaran 2016-2017)

ELIS LASMINI, 135020051 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA (Sub Pokok Bahasan Jurnal Umum dan Buku Kelas X AK 1 Di SMK Negeri 3 Bandung Tahun Ajaran 2016-2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi ELIS.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (10kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa (Sub Pokok Bahasan Jurnal Umum dan Buku Besar Kelas X AK 1 di SMK Negeri 3 Bandung Tahun Ajaran 2016-2017).Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui penerapan model pembelajaran project based learning dalam mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa kelas X AK 1 di SMK Negeri 3 Bandung. (2) mengetahui minat belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa kelas X AK 1 di SMK Negeri 3 Bandung. (3) mengetahui seberapa besar pengaruh antara penerapan model pembelajaran project based learning terhadap minat belajar pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa kelas X AK 1 di SMK Negeri 3 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan angket dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi, Hipotesis penelitian berbunyi “Terdapat pengaruh antara model pembelajaran project based learning (X) terhadap minat belajar siswa (Y) pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa”. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh cukup kuat antara variabel X dan Variabel Y sebesar 0,460 atau 46%. Untuk mengetahui hubungan fungsional antara variabel X dan variabel Y maka digunakan analisis regresi linier sederhana dengan hasil perhitungan sebagai berikut : Y = 8,470 + 0,775 X artinya bahwa setiap model pembelajaran project based learning bertambah 8,470 maka minat belajar meningkat sebesar 0,775. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X (model pembelajaran project based learning) terhadap variabel Y (minat belajar), maka digunakan koefisien determinasi dengan hasil perhitungan sebesar sebesar 46% maka sebagian lainnya ditentukan oleh faktor la in yang tidak diteliti. Kesimpulan hipotesis penelitian dapat diterima, sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru agar sebaiknya dapat terus mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran project based learning terutama untuk pembelajaran materi-materi akuntansi pokok bahasan selanjutnya, Kepada para praktisi atau peneliti lain dibidang pendidikan agar dapat melakukan penelitian serupa dengan model pembelajaran dan metode yang berbeda sehingga diperoleh berbagai alternatif untuk peningkatan pemahaman pembelajaran pada pokok bahasan selanjutnya. dan kepada pihak sekolah hendaknya menyediakan sarana pendukung proses belajar mengajar agar peserta didik lebih termotivasi belajar serta mempelancar proses belajar mengajar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Project Based Learning, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2017 07:01
Last Modified: 23 Sep 2017 07:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29896

Actions (login required)

View Item View Item