PERBANDINGAN KEANEKARAGAMAN DAN KELIMPHANA FILUM ECHINODERMATA DI PANTAI KARANG DAN PADANG LAMUN SINDANGKERTA KECAMATAN CIPATUJAH KABUPATEN TASIKMALAYA

TUTI ALAWIYAH, 135040084 (2017) PERBANDINGAN KEANEKARAGAMAN DAN KELIMPHANA FILUM ECHINODERMATA DI PANTAI KARANG DAN PADANG LAMUN SINDANGKERTA KECAMATAN CIPATUJAH KABUPATEN TASIKMALAYA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (873kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan filum Echinodermata di pantai karang dan padang lamun Sindangkerta Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Perbandingan filum Echinodermata mencakup keanekaragaman dan kelimpahan Echinodermata di pantai karang dan padang lamun Sindangkerta. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 16 – 19 Mei 2017. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Metode pencuplikan menggunakan Belt Transect dan Handsorting. Stasiun penelitian terdiri atas 6 stasiun dengan 6 kuadrat pada zona pantai karang dan padang lamun. Identifikasi sampel dilakukan di Laboratorium Biologi FKIP Unpas Bandung. Parameter yang diukur yaitu keanekaragaman dan kelimpahan Echinodermata di pantai karang dan padang lamun serta dibandingkan diantara kedua zona tersebut dengan indeks perbandingan Sorensen. Berdasarkan hasil penelitian, jumlah total individu yang ditemukan di pantai karang sebanyak 102 individu dan pada padang lamun jumlah total individu ditemukan sebanyak 49 individu. Spesies Echinodermata di pantai karang dan padang lamun yang ditemukan berjumlah empat spesies yaitu Ophiocoma erinaceus, Ophiocoma dentata, Diadema setosum dan Holothuria leucospilota. Perbandingan keanekaragaman Echinodemata di pantai karang dan padang lamun Sindangkerta memiliki nilai indeks similaritas senilai 100% yang menunjukan keanekaragaman spesies kedua zona tersebut indeks similaritasnya tinggi. Sedangkan perbandingan kelimpahan Echinodermata di kedua zona tersebut indeks similaritasnya senilai 200% yang menunjukan kelimpahan di kedua zona tersebut indeks similaritasnya tinggi. Sehingga kedua zona tersebut merupakan salah satu ekosistem yang cocok bagi kehidupan Echinodermata yang merupakan spesies pemakan detritus. Echinodermata merupakan salah satu biota yang berasosiasi kuat dengan padang lamun dan berperan dalam siklus rantai makanan di ekosistem tersebut. Kata Kunci: Echinodermata, Pantai karang, Padang Lamun, Indeks Similaritas.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2017 06:49
Last Modified: 23 Sep 2017 06:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29894

Actions (login required)

View Item View Item