UJI EKSTRAK BAWANG PUTIH (Allium sativum L.) SEBAGAI FUNGISIDA ALAMI DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN JAMUR Fusarium oxysporum

LUTHFI AULIA RAHMI, 135040080 (2017) UJI EKSTRAK BAWANG PUTIH (Allium sativum L.) SEBAGAI FUNGISIDA ALAMI DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN JAMUR Fusarium oxysporum. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER LUTHFI.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak bawang putih (Allium sativum L.) sebagai fungisida alami dalam menghambat pertumbuhan jamur Fusarium oxysporum yang menyebabkan penyakit tanaman jeruk, dan untuk mengetahui konsentrasi optimum antifungi ekstrak bawang putih (Allium sativum L.) pada pertumbuhan jamur Fusarium oxysporum. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif. Desain penelitian menggunakan RAL (Rancangan Acak Lengkap) yaitu enam perlakuan ekstrak bawang putih dengan konsentrasi 30%, 40%, 50%, 60%, 70%, dan kontrol dengan empat kali pengulangan. Bawang putih yang digunakan pada penelitian ini adalah umbi bawang putih. Parameter yang diukur dalam penelitian ini adalah luas diameter koloni jamur Fusarium oxysporum. Penghambatan pertumbuhan diameter koloni jamur Fusarium oxysporum dianalisis menggunakan aplikasi pengolahan data SPSS versi 24. Uji Tukey menunjukan bahwa pada konsentrasi 70% terdapat perbedaan secara nyata yang artinya konsentrasi 70% dikatakan optimum dalam pertumbuhan jamur Fusarium oxysporum dibandingkan dengan konsentrasi lain. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ekstrak bawang putih sebagai fungisida alami dapat menghambat pertumbuhan jamur Fusarium oxysporum dengan konsentrasi optimum antifungi pada konsentrasi 70% dengan rata-rata diameter pertumbuhan koloni jamur yang terkecil mencapai 0,8 mm. Kata kunci: Fusarium oxysporum, Ekstrak bawang putih (Allium sativum L.), Fungisida alami, Tanaman jeruk.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2017 06:43
Last Modified: 23 Sep 2017 06:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29893

Actions (login required)

View Item View Item