PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Cipagalo 01 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

ASTRID AMBRIANTI, 135060064 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Cipagalo 01 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris - B Indonesia.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (592kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka Skripsi.pdf

Download (142kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berisi tentang penggunaan model pembelajaran problem based learning yang bertujuan untuk hasil belajar siswa pada subtema pemaanfaatan kekayaan alam di Indonesia di kelas IV SDN Cipagalo 01 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah pembelajaran yang disampaikan oleh guru masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah, proses pembelajaran ini hanya berpusat pada guru dan tanpa melibatkan siswa sehingga kurang menarik minat siswa untuk belajar dan siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran juga kurangnya sikap percaya siswa dalam proses pembelajaran. Model problem based learning berguna untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), rancangan metode penelitiannya mengacu pada model yang dikembangkan Kemmis dalam Mc.Taggart (2015:18). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak tiga siklus, secara keseluruhan telah menunjukkan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran. Data yang diperoleh pada rencana pelaksanaan pembelajaran sik lus I memperoleh presentase 65%, siklus II 80%, dan siklus III 95%. Sedangkan untuk pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh 68% , siklus II 75%, dan siklus III memperoleh 87%. Adapaun hasil observasi sikap percaya diri siswa memperoleh presentase siklus I mencapai 42%, siklus II mencapai 62%, dan siklus III mencapai 87%. untuk hasil belajar siswa memperoleh presentase siklus I mencapai 37%, siklus II mencapai 78% dan siklus III mencapai 92%. Dan untuk keterampilan mencari informasi siswa memperoleh presentase siklus I mencapai 36%, siklus II mencapai 59%, dan siklus III mencapai 89%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Cipagalo 01 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, sikap percaya diri, hasil belajar, keterampilan mencari informasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2017 04:48
Last Modified: 23 Sep 2017 04:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29888

Actions (login required)

View Item View Item