ANNISA, 135030032 (2017) PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENGAMATAN-JARING-JARING IDE DI KELAS X SMA SUMATRA 40 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1 COVER.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
6 ABSTRAK.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
7 ABSTRACT.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
8 RINGKESAN.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (324kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Menulis merupakan salah satu keterampilan yang tidak dapat dipisahkan untuk pengembangan siswa dalam berpikir. Metode pengamatan jaring-jaring Ide merupakan teknik pemetaan pikiran. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik me-lakukan penelitian pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi dengan meng-gunakan metode jaring-jaring ide pada siswa kelas X SMA Sumatra 40 Bandung tahun pelajaran 2017/2018. Permasalahan yang diajukan adalah: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi dengan menggunakan metode Pengamatan-Jaring-jaring Ide pada siswa kelas X SMA Sumatra 40 Bandung? 2) Mampukah siswa kelas X SMA Sumatra 40 Bandung mengonstruksi teks eksposisi dengan baik dan benar? 3) Efektifkah metode pengamatan jaring-jaring ide diterapkan dalam pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi pada siswa kelas SMA Sumatra 40 Bandung? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah pre-experimental design (nondesign) dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, tes dan analisis. Adapun hasil penelitiannya adalah: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi dengan menggunakan metode jaring-jaring ide pada siswa kelas X SMA Sumatra 40 Bandung. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,60. 2) Peserta didik kelas X SMA Sumatra 40 Bandung mampu mengonstruksi teks eksposisi dengan baik dan benar. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 21,75 dan nilai rata-rata postes 75,04. Nilai tersebut menunjukan bahwa terjadi peningkatan sebesar 53.29. 3) Metode jaring-jaring ide efektif digunakan dalam pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi. Hal ini, terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung t = 14,4 > ttabel 2,03 pada tingkat kepercayaan 95% taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 23. Dengan demikian, penulis menyimpulkan bahwa metode jaring-jaring ide ini tepat digunakan dalam pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Sumatra 40 Bandung. Kata Kunci : jaring-jaring ide, kaidah, pembelajaran, teks eksposisi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 23 Sep 2017 04:43 |
Last Modified: | 23 Sep 2017 04:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29887 |
Actions (login required)
View Item |