PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP

DESI LUMBAN BATU, 135050055 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (258kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Kemampuan berpikir kreatif matematis dan Self-confidence sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kreatif matematis dan Self-confidence siswa SMP masih rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis adalah model pembelajaran Osborn. Penelitian bertujuan untuk mengetahui 1) Apakah peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapat model pembelajaran Osborn lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional dan 2) Apakah Self-confidence siswa yang mendapat model pembelajaran Osborn lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dimana populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Pasundan 2 Bandung. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok kontrol pretes-postes. Sampel yang terpilih adalah kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian soal-soal kemampuan berpikir kreatif matematis dan skala Self-confidence yang menggunakan model Skala Likert. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 18.0 for Windows. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan: 1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapat model pembelajaran Osborn lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional; 2) Self-confidence siswa yang mendapat model pembelajaran Osborn lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. Sehingga model pembelajaran Osborn dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan suasana belajar yang aktif, efektif dan menyenangkan. Kata kunci: Berpikir Kreatif Matematis, Pembelajaran Osborn, Self-confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2017 04:37
Last Modified: 23 Sep 2017 04:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29886

Actions (login required)

View Item View Item