PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI DAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 7 BANDUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

RIA PUSPITA, 135030019 (2017) PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI DAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 7 BANDUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian dengan judul “Pembelajaran Menganalisis Isi dan Aspek Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi dengan Model Student Teams Achievement Division (STAD) sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas X Sma Pasundan 7 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018” ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya model Student Teams Achievement Division (STAD) digunakan dalam pembelajaran menganalisis isi dan aspek kebahasaan. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi dengan mengunakan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) sebagai upaya meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas X SMA Pasundan 7 Bandung? (2) Mampukah peserta didik kelas X SMA Pasundan 7 Bandung mengikuti pretes dan postes pada pembelajaran menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi? (3) Efektifkah model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam pembelajaran meng-analisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi sebagai upaya meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas X SMA Pasundan 7 Bandung?. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas X SMA Pasundan 7 Bandung. Hal ini dapat dibuktikan dari rata-rata hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,73. (2) Siswa kelas X SMA Pasundan 7 Bandung mampu menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi dengan mengunakan model Student Teams Achievement Divisions (STAD). Hal ini dapat dibuktikan dari rata-rata pretes yaitu 51,0 dan nilai rata-rata postes yaitu 77,1 yang berarti ada peningkatan sebesar 82,2 atau setara dengan 94,5%. (3) Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) tepat digunakan dalam pembelajaran menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan statistic dengan hasil thitung>ttabel, yakni 12,1> 2,03 pada taraf signifikan 5,9 tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 29. Berdasarkan fakta tersebut , penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci : Teks Laporan Hasil Observasi, Student Teams Achievement Divisions (STAD)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2017 04:15
Last Modified: 23 Sep 2017 04:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29881

Actions (login required)

View Item View Item