STUDI JENIS-JENIS IKAN LAUT DI TEMPAT PELELANGAN IKAN CILAMAYA GIRANG BLANAKAN KABUPATEN SUBANG BERDASARKAN HASIL TANGKAP NELAYAN

DEWO RENALO PUTRA, 135040003 (2017) STUDI JENIS-JENIS IKAN LAUT DI TEMPAT PELELANGAN IKAN CILAMAYA GIRANG BLANAKAN KABUPATEN SUBANG BERDASARKAN HASIL TANGKAP NELAYAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
CAVER.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tempat pelelangan ikan (TPI) di Cilamaya Girang Blanakan adalah tempat yang berfungsi untuk menampung ikan hasil tangkapan nelayan sebelum berpindah ke konsumen. Jumlah ikan hasil tangkapan nelayan tergantung waktu penangkapan, terkadang hasil tangkapan jumlahnya banyak dan terkadang sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mencatat jumlah dan jenis-jenis ikan yang tertangkap oleh nelayan serta fluktuasi waktu penangkapan ikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan desain survai. Cara Mengidentifikasi ikan berdasarkan ciri-ciri yang dicocokan dengan sumber acuan kunci determinasi dari buku identifikasi ikan sedangkan untuk mengetahui waktu penangkapan dilihat dari rata-rata penangkapan setiap jenis ikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tercatat 15 jenis ikan laut yaitu : Alectis indica (kuwe rambut), Alectis ciliaris (kuwe rumbai), Caranx sexfasciatus (kuwe mata belo), Gnathanodon speciosus (kuwe macan), Megalaspis cordyla (tetengkek), Megalaspis cordyla (kakap merah), Lutjanus johnii (jenaha), Epinephelus coioides (kerapu balong), Epinephelus malabaricus (kerapu lumpur), Lobotes surinamensis (kekap batu), Siganus guttatus (baronang), Platax teira (Gebel, Platak), Thalassoma purpureum (betet), Scomberomorus commerson (tenggiri), Pastinachus sephen (pari pasir). Sedangkan Rata-rata waktu penangkapan tertinggi semua jenis ikan terjadi sekitar bulan Februari sampai April dan penangkapan terendah terjadi sekitar bulan Desember dan Januari. Jenis-jenis ikan yang ditangkap nelayan jumlahnya tidak bisa ditentukan pada waktu dan bulan yang sama karena penangkapan ikan tergantung dengan kondisi lingkungan dan musim yang sedang terjadi. Kata kunci: Identifikasi, jenis-jenis ikan, waktu penangkapan, musim, TPI Cilamaya Girang Blanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2017 03:49
Last Modified: 23 Sep 2017 03:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29878

Actions (login required)

View Item View Item