PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMA PASUNDAN 8 BANDUNG (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi SubTema Koperasi Tahun Ajaran 2016/2017)

HANI AGUSTIN, 135020046 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMA PASUNDAN 8 BANDUNG (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi SubTema Koperasi Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI PROF.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SKRIPSI PROF.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III SKRIPSI.pdf

Download (722kB) | Preview
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (26kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circleterhadap aktivitas belajar siswa kelas X MIA di SMA Pasundan 8 Bandung. (studi kasus pada mata pelajaran ekonomi subtema koperasi tahun ajaran 2016/2017).”Dengan perumusan masalah yaitu 1. Bagaimana penerapan model pembelajaran Inside Outside Circelpada mata pelajaran ekonomi kelas X MIA di SMA Pasundan 8 Bandung? 2. Berapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran Inside Otside Circleterhadap Aktivitas Belajar pada mata pelajaran ekonomi subtema Koperasi kelas X MIA di SMA 8 Pasundan Bandung?. Dengan tujuan yaitu 1. Untuk Mengetahui penerapan model pembelajaran Inside Outside Circlepada mata pelajaran ekonomi kelas X MIA di SMA Pasundan 8 Bandung 2. Untuk mengetahi seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran Inside Outside Circleterhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X MIA di SMA 8 Pasundan Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian asosiatif kausal, dengan subjek terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIA. Berdasarkan hasil pengolahan data perhitungan koefisien determinasi dengan menggunakan IBM SPSS 20,0 for Windowsyaitu sebesar 51,6%, hal ini menunjukan aktivitas belajar siswa berkaitan erat dengan model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran Inside Outside Circle, sedangkan sisanya 48,4% dipengaruhi oleh faktor lain misalnya motivasi, minat, disiplin belajar, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah serta lingkungan masyarakat.Sebagai akhir penelitian penulis menyimpulkan bahwa model pembelajaran Inside Outside Circle berpengaruh positif terhadap aktivitas belajar siswa, dan menyarankan agar guru dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran Inside Outside Circledapat dijadikan alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan di kelas. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada sekolah agar memberikan fasilitas yang memadai, kepada guru agar menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan untuk siswa, kepada fakultas untuk memperbaiki sistem akademik,kepada kepada murid untuk meningkatkan aktivitas belajar didalam kelas,dan untuk peneliti selanjutnya menjadi sumber acuan untuk penelitian yang lebih baik. Kata Kunci : Inside Outside Circle, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2017 03:36
Last Modified: 23 Sep 2017 03:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29876

Actions (login required)

View Item View Item