PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMK PASUNDAN 2 BANDUNG (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X di SMK Pasundan 2 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017)

Tia Astriyani, 135020036 (2017) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMK PASUNDAN 2 BANDUNG (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X di SMK Pasundan 2 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini “Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X SMK Pasundan 2 Bandung” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan saintifik dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TSM B sebagai kelas eksperimen dan X TSM C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes tertulis yakni pre-test dan post-test. variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen (bebas) yaitu Pendekatan saintifik (X) dan variabel dependen (terikat) yaitu hasil belajar (Y). Sedangkan teknik pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS release 21.0 for windows. Dengan menguji hipotesis berdasarkan hasil pengolahan teknik pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dilihat dari nilai N-Gain yaitu sebesar 0.687. Sedangkan kelas kontrol sebesar 0.638. Hal ini berarti terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan saintifik dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil hitung Eta square menunjukan bahwa pengaruh penggunaan pendekatan saintifik sebesar 11.7%. Kesimpulan penelitian dapat diterima, sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran kepada siswa agar dapat terus mengembangkan kualitas belajarnya. Kepada guru sebaiknya menggunakan pendekatan saintifik sebagai alternatif dalam pembelajaran. Kepada sekolah diharapkan dapat dijadikan sumber infromasi berharga terutama dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dan kepada peneliti selanjutnya diharapkan agar dapat mengembangkan pendekatan saintifik menjadi lebih inovatif pada mata pelajaran lain dan di kelas yang berbeda. Kata Kunci : Penerapan Pendekatan Saintifik dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2017 02:14
Last Modified: 23 Sep 2017 02:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29866

Actions (login required)

View Item View Item