Mia Septiani, 135020027 (2017) PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING BERBASIS AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Kelas X IPS 1 di SMA Negeri 27 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
cover.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.SUNDA.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (562kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (897kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul Penerapan Metode Active Learning Berbasis Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajara Peserta Didik Pembelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Koperasi Kelas X SMA Negeri 27 Bandung. Permasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (3) untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kontrol setelah peserta didik mendapatkan perlakuan dengan metode active learning berbasis audio visual dengan pengukuran akhir setelah post test. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah ini adalah kelas X IPS SMA Negeri 27 Bandung tahun ajaran 2016-2017. Adapun sampel penelitian adalah sebanyak dua kelas yaitu peserta didik kelas X IPS1 dan X IPS 2 SMA Negeri 27 Bandung yang dipilih secara acak dan di uji homogenitas dari data ulangan harian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe pilihan ganda. Analisis data dilakuka n dengan menggunakan uji-t melalui program spss 21.0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sampel t-Test. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh tes akhir (post-test) nilai signifikasi (2-tailed) adalah 0,022. Oleh karena itu signifikannya < 0,05, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan metode active learning berbasis audio visual dengan menggunakan metode active learning berbasis visual pada mata pelajaran ekonomi sub pokok bahasan koperasi. Sedangkan akhir penelitian, penulis menyarankan kepada guru agar menciptakan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan agar hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Kata kunci : Metode Active Learning berbasis Audio Visual dan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 23 Sep 2017 01:54 |
Last Modified: | 23 Sep 2017 01:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29864 |
Actions (login required)
View Item |