PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERSISTING SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN

NANDANG PERMADI, 135040149 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERSISTING SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
01. COVER SKRIPSI.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan persisting siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain penelitian one-group pretest-posttest desaign. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 9 Bandung dengan sampel penelitian kelas X IPS 2 berjumlah 30 siswa. Sampel dipilih secara acak (cluster random sampling) karena tidak terdapat kelas unggulan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah penguasaan konsep untuk mengukur ranah pengetahuan berupa pilihan ganda, instrumen sikap untuk mengukur ranah sikap, istrumen penilaian kinerja, penilaian produk dan persepsi siswa untuk mengukur ranah keterampilan. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 37,83 dan rata-rata pottest sebesar 77,00 dengan N-gain sebesar 0,63 berada dalam kategori sedang. Sejalan dengan itu, nilai rata-rata ranah sikap sebesar 79,73 dan nilai rata-rata ranah keterampilan sebesar 81 keduanya berada dalam kategori baik. Hasil uji hipotesis t berpasangan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest dengan nilai signifikasi sebesar 0,012. Hasil uji korelasi antara ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan menunjukkan kuatnya hubungan ketiganya dengan signifikasi sebesar 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan persisting siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Kemampuan Persisting, Konsep Pencemaran Lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2017 01:45
Last Modified: 23 Sep 2017 01:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29863

Actions (login required)

View Item View Item