PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN PRODUCTIVE DISPOSITION SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E

CANRIS JULIKA SINAGACANRIS JULIKA SINAGA, 135050072 (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN PRODUCTIVE DISPOSITION SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E. Laporan D3 thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI (1).pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ada halaman 1-13 (1).pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ada halaman 14-31.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III ada halaman 32-53.pdf

Download (841kB) | Preview
[img] Text
BAB IV ada halaman 54-86.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V ada halaman 87-88.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA 89-92.pdf

Download (183kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Canris Julika Sinaga. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Productive Disposition Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 7E. Salah satu tehnik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika adalah menerapkan strategi pembelajaran yang mendukung terwujudnya tujuan pembelajaran matematika yang sesungguhnya, yaitu dengan mengembangkan beberapa kemampuan matematis siswa diantaranya mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah peningkatan kemampuan pemecaan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Learning Cycle 7E lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Penelitian ini juga untuk mengetahui apakah productive disposition siswa yang yang memperoleh model pembelajaran Learning Cycle 7E lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan dua variabel tak bebas yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis sebagai variabel tidak bebas dan Model Learning Cycle 7E sebagai variabel bebas. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan desain kelompok pretes-postes. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas secara acak yaitu kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol. Istrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah. Sedangkan Skala sikap menggunakan Skala Likert yang berisikan pernyataan-pernyataan siswa mengenai produvtive disposition terhadap pembelajaran yang dilakukan. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi Microsoft Exel, MSI, dan SPSS 18 for Windows dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Learning Cycle 7E lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) Produvtive disposition siswa yang memperoleh model pembelajaran Learning Cycle 7E lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mengajukan saran agar model pembelajaran Learning Cycle 7E dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu alternatif pembelajaran di kelas untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan produvtive disposition. Kata Kunci: Pembelajaran Model Learning Cycle 7E, Kemampuan Pemecahan Masalah Matemats dan Productive Disposition

Item Type: Thesis (Laporan D3)
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2017 08:44
Last Modified: 19 Sep 2017 08:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29831

Actions (login required)

View Item View Item