EGI NASRULLOH, 135050032 (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO STRAY. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. Sampul 2.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak indo.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak inggris.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak sunda.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I FIX.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II FIX.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III FIX.pdf Download (592kB) | Preview |
|
Text
BAB IV FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (835kB) |
||
Text
BAB V FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
Dafpus FIX.pdf Download (302kB) | Preview |
Abstract
Egi Nasrulloh. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran Two Stay-Two Stray terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan peningkatan self-efficacy siswa. Penelitian ini dilaksanakan karena masih rendahnya kemampuan pemahaman matematis dan self-efficacy siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok kontrol pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Sukabumi. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak kelas. Masalah yang diteliti yaitu peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa serta peningkatan self-efficacy siswa dengan model pembelajaran Two Stay-Two Stray. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemahaman matematis dan angket self-efficacy. Instrumen tes kemampuan pemahaman matematis dan angket self-efficacy diuji coba terlebih dahulu sehingga layak untuk digunakan dalam penelitian ini. Analisis data kemampuan pemahaman matematis menggunakan independent sample t-test begitu pula analisis data self-efficacy dimana data diubah menjadi data kuantitatif, tapi karena data masih bersifat data ordinal maka dengan metode MSI (Method of successive Interval) data self-efficacy diubah menjadi data interval lalu dianalisis menggunakann independent t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran Two Stay-Two Stray lebih baik dari pada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional serta peningkatan self-efficacy siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran Two Stay-Two Stray lebih baik dari pada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Dengan demikian model pembelajaran Two Stay-Two Stray dapat dijadikan sala satu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika di kelas. Kata Kunci : Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray, Kemampuan Pemahaman Matematis, Self-efficacy, Model Pembelajaran Konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 04:23 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 04:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29805 |
Actions (login required)
View Item |