MENINGKATKAN METAKOGNITIF DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPROVE

MELA KOMALASARI, 135050099 (2017) MENINGKATKAN METAKOGNITIF DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPROVE. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (646kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Mela Komalasari, Meningkatkan Metakognitif dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode IMPROVE. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Bandung, tahun 2017. Matematika adalah mata pelajaran yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan di Indonesia mulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) bahkan sampai ke jenjang Perguruan Tinggi. Banyak penelitian pun menyimpulkan bahwa belajar matematika siswa cenderung lebih sulit daripada belajar mata pelajaran lain. Banyak sekali penyebab siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika salah satunya dalam hal kemampuan komunikasi matematis. Oleh karena itu, matematika sebagai salah satu disiplin ilmu yang diberikan di sekolah, menjadikan kemampuan komunikasi matematis sebagai kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Salah satu alternatif yang dapat mengakomodasi kemampuan komunikasi matematis adalah model pembelajaran IMPROVE. Adapun penelitian ini bertujuan untuk: (i) Untuk mengetahui metakognitif siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan metode IMPROVE lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning; (ii) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan metode IMPROVE lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung. Adapun sampelnya adalah siswa kelas VII yaitu kelas VII B dan VII C SMP Pasundan Bandung yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan komunikasi matematis yang sebelumnya telah diuji cobakan instrumennya dan hasilnya semua soal signifikan, serta angket skala metakognitif. Tes yang digunakan adalah tes tipe uraian (pretest dan posttest). Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 18.0 for windows. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa Metakognitif siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran IMPROVE lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning, dan Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model metode IMPROVE lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning. Kata kunci : Model IMPROVE, Discovery Learning, Metakognitif, Kemampuan Komunikasi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2017 04:08
Last Modified: 19 Sep 2017 04:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29802

Actions (login required)

View Item View Item