PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI DAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMA

PRISA RAUDLATUZAHRAH, 135050038 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI DAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Prisa Raudlatuzahrah (135050038), Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Koneksi dan Kecemasan Matematis Siswa SMA. Masalah dalam penelitian ini diantaranya adalah kemampuan koneksi matematis siswa SMA relatif masih rendah sehingga diperlukan alternatif pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan koneksi matematis siswa. Sebagian besar siswa menganggap matematika adalah mata pelajaran yang sulit dipelajari dan menakutkan, rasa takut yang timbul tersebut dapat menimbulkan kecemasan saat siswa belajar atau berinteraksi dengan matematika yang biasa dikenal dengan kecemasan matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan koneksi matematis siswa SMA yang menggunakan model Learning Cycle 7E lebih baik daripada yang menggunakan model konvensional, serta untuk mengetahui kecemasan matematis siswa SMA yang menggunakan model Learning Cycle 7E lebih rendah daripada yang menggunakan model konvensional. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Pasundan 2 Bandung dan sampelnya dipilih secara acak kelas sebanyak dua kelas, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen tes kemampuan koneksi matematis tipe uraian (pretes dan postes) dan instrumen non-tes berupa angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 18.0 for windows. Dari analisis data penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan model Learning Cycle 7E lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional, serta kecemasan matematis siswa yang menggunakan model Learning Cycle 7E lebih rendah daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, model Learning Cycle 7E dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya. Kata Kunci: Learning Cycle 7E, Koneksi Matematis, Kecemasan Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2017 04:03
Last Modified: 19 Sep 2017 04:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29801

Actions (login required)

View Item View Item