PENERAPAN MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMP DI KOTA BANDUNG

Siti Dianirah, 135050005 (2017) PENERAPAN MODEL TREFFINGER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMP DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Siti Dianirah (2017). Penerapan Model Treffinger dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Regulated Learning Siswa SMP di Kota Bandung. Matematika adalah mata pelajaran yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan di Indonesia mulai dari Sekolah Dasar (SD), sampai dengan Sekolah Menegah Atas (SMA) bahkan sampai kejenjang Perguruan Tinggi. Berdasarkan banyak penelitian menyimpulkan bahwa belajar matematika siswa cenderung lebih sulit daripada belajar mata pelajaran lain. Banyak sekali penyebab siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika salah satunya dalam hal kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa (Self Regulated Learning). Oleh karena itu, matematika sebagai salah satu disiplin ilmu yang diberikan disekolah, menjadikan kemampuan pemecahan masalah sebagai kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Salah satu alternatif yang dapat mengakomodasi kemampuan pemecahan masalah matematika adalah model pembelajaran Treffinger dan upaya yang dibutuhkan siswa dalam mempelajari dan memahami matematika adalah dengan belajar berdasarkan self regulated learning. Adapun penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Treffinger dapat membuat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran Konvesioanl. (ii) mengetahui apakah self requlated learning siswa yang menggunakan model pembelajaran Treffinger lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvesioanl. Penelitian ini menggunakan model eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Pasundan 2 Bandung. Adapun sampel adalah siswa kelas VIII SMP Pasundan 2 Bandung terdiri dua kelas yaitu kelas VIII sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tipe uraian (pretest dan postest) kemampuan pemecahan masalah matematis yang sebelumnya telah diujicobakan instrumennya dan hasilnya semua soal layak pakai, serta angket self regulated learning. Analisis data dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Treffinger lebih baik daripada menggunakan model Konvesional dan self regulated learning yang menggunakan model pembelajaran Treffinger lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran Konvesional. Kata kunci : Treffinger, kemampuan pemecahan matematis, self regulated learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2017 03:31
Last Modified: 19 Sep 2017 03:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29795

Actions (login required)

View Item View Item