PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS X SMK PASUNDAN PADAHERANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Wahyudin Setiawan, 135030011 (2017) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS X SMK PASUNDAN PADAHERANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TABEL BAB 2 PENELITIAN TERDAHULU.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian dengan judul “Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Menggunakan Media Lingkungan pada Siswa Kelas X SMK Pasundan Padaherang Tahun Pelajaran 2017/2018” ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya media lingkungan digunakan dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi berdasarkan isi dan kebahasaaan. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Mampukah penulis melaksanakan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media lingkungan pada siswa kelas X SMK Pasundan Padaherang? (2) Mampukah siswa kelas X SMK Pasundan Padaherang menulis teks laporan hasil observasi? (3) Efektifkah media lingkungan digunakan dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi?. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu, yaitu penelitian dengan hanya menggunakan satu kelompok sampel dan tidak ada kelompok lain sebagai pembanding. Pretes dan postes digunakan untuk mengukur kemampuan siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan yang berupa pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media lingkungan. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media lingkungan pada siswa kelas X SMK Pasundan Padaherang. Hal ini dapat dibuktikan dari rata-rata hasil penilaian perencanaan dan pelaksanakan pembelajaran sebesar 3.9. (2) Siswa kelas X SMK Pasundan Padaherang mampu menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media lingkungan. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata pretes yaitu 31 dan nilai rata-rata postes yaitu 86,95 yang berarti ada peningkatan sebesar 55,95 atau setara dengan 26,6%. (3) Media lingkungan tepat digunakan dalam pembelajaran menulis teks observasi. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil < yakni 4,31 > 2,04 Pada taraf signifikan 0,5% tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan 21. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata kunci: Pembelajaran, menulis, teks laporan hasil observasi, lingkungan, pasundan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2017 03:15
Last Modified: 19 Sep 2017 03:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29789

Actions (login required)

View Item View Item