TIARANI PUTRI IRMAYADI, 135040100 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEBIASAAN MENERAPKAN PENGETAHUAN MASA LALU DENGAN SITUASI BARU PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Bahasa Indonesia.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT Bahasa Inggris.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Bahasa Sunda.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (427kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan peserta didik dalam merencanakan, melaksanakan, dan menyimpulkan, serta untuk mengetahui keberhasilan peserta didik dalam meningkatkan kebiasaan menerapkan pengetahuan masa lalu dengan situasi baru melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada konsep pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimental dengan desain penelitian “one group pretest and posttes design”. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Mipa 8 SMA Negeri 2 Bandung. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang dilakukan sebelum memulai proses pembelajaran (pretest) dan sesudah dilakukan proses pembelajaran (posttest). Penguasaan konsep peserta didik terhadap konsep pencemaran lingkungan mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata pretest 45,28 dan posttest 78,11 dengan N-Gain sebesar 0,86 berada dalam kategori tinggi. Sedangkan perolehan nilai pengamatan sikap dengan rata-rata 78,82 atau mencapai kriteria baik, penilaian kinerja (penilian diskusi dan observasi) mendapat rata-rata 88,50, penilaian produk mendapat rata-rata 84,48 dan penilaian persepsi peserta didik mendapat rata-rata 87,75 ketiganya mencapai kriteria sangat baik. Hasil uji korelasi antara ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan menunjukkan kuatnya hubungan ketiganya dengan signifikasi sebesar 0,000. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap kebiasaan berpikir peserta didik dalam konsep pencemaran lingkungan. Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), Menerapkan pengetahuan masa lalu dengan situasi baru, konsep pencemaran lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 03:09 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 03:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29786 |
Actions (login required)
View Item |