Resno Anjasmara, 123030029 and Rachmad Hartono, DS and Sugiharto, DS (2016) Pengendalian Sistem Underground Parking. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
|
Text
BAB III Pengendalian Sistem Underground Parkng.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV Pengujian dan Analisa.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Teori Dasar.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Pendahuluan.pdf Download (164kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Parkir adalah keadaan tidak bergerak suatu kendaraan yang bersifat sementara karena ditinggalkan oleh pengemudinya. Pengemudi cenderung mencari tempat parkir kendaraan di sekitar tempat kegiatan dan tujuan akhir perjalanan. Parkir merupakan salah satu unsur prasarana transportasi yang tidak terpisahkan dari sistem jaringan transportasi. Kondisi di perkotaan dengan jumlah penduduk dan tingkat ekonomi yang tinggi mengakibatkan tingkat kepemilikan kendaraan roda empat sulit dibatasi. Jika kepemilikan kendaraan roda empat sulit dibatasi maka akan menimbulkan kebutuhan tempat parkir yang lebih luas untuk menampung beberapa kendaraan roda empat. Di beberapa tempat kegiatan tidak tersedia tempat parkir, sehingga badan jalan yang berada di sekitar tempat kegiatan digunakan untuk tempat parkir. Badan jalan yang digunakan untuk tempat parkir membuat ruang jalan menjadi sempit sehingga menimbulkan kemacetan. Beberapa negara maju sudah mengatasi masalah kemacetan akibat kendaraan yang diparkir di badan jalan dengan menyediakan smart parking di beberapa tempat kegiatan. Smart parking adalah sistem parkir yang memudahkan pengguna kendaraan roda empat untuk menyimpan dan mengambil kendaraan secara otomatis. Kendaraan yang disimpan dan diambil dilakukan tidak secara langsung oleh pemilik kendaraan. Smart parking dapat dibangun di dalam gedung maupun di bawah tanah (Underground parking). Smart parking yang dibangun di bawah tanah dapat mengurangi kepadatan ruang parkir yang berada di atas tanah. Berdasarkan hal tersebut, timbul gagasan untuk merancang dan membuat prototype sistem parkir bawah tanah. Prototype sistem parkir bawah tanah dibuat untuk mensimulasikan proses penyimpanan dan pengambilan mobil di ruang parkir yang dikendalikan secara otomatis oleh personal komputer. Personal komputer berfungsi untuk menginput plat nomer kendaraan. Plat nomer kendaraan diinput untuk mencari ruang parkir kosong yang digunakan untuk menyimpan mobil atau pengambilan mobil dari ruang parkir.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2016 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 02:37 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 02:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29776 |
Actions (login required)
View Item |