PENGARUH KONSENTRASI PEMANIS BUATAN DAN KONSENTRASI KARAGENAN TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN JELI IKAN LELE (Clarias sp.)

KENDIS NANDYA SALIM, 123020027 and WILLY PRANATA WIDJAJA, DS and Yusep Ikrawan, DS (2017) PENGARUH KONSENTRASI PEMANIS BUATAN DAN KONSENTRASI KARAGENAN TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN JELI IKAN LELE (Clarias sp.). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
TA KENDIS NANDYA SALIM (123020027).docx

Download (1MB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanis buatan, dan pengaruh konsentrasi karagenan terhadap karakteristik minuman jeli ikan lele. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan informasi mengenai produk diversifikasi ikan lele, dan untuk dapat digunakan sebagai bahan alternatif yang lebih ekonomis dan memiliki nilai zat gizi yang tinggi. Pengujian respon kimia meliputi analisis uji kadar gula pereduksi. Pengujian respon fisik meliputi uji pH, uji total padatan terlarut, dan viskositas. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola 3x3 sebanyak tiga kali pengulangan yang dilanjutkan uji Duncan untuk faktor yang berbeda nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi pemanis buatan berpengaruh nyata terhadap karakteristik minuman jeli ikan lele, yaitu terhadap respon viskositas, total padatan terlarut, rasa, dan tekstur. Tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap respon kadar gula reduksi, pH, warna, dan aroma. Konsentrasi karagenan berpengaruh nyata terhadap karakteristik minuman jeli ikan lele, yaitu terhadap respon viskositas, total padatan terlarut, pH, rasa, dan tekstur. Tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap respon kadar gula reduksi, warna, dan aroma. Interaksi konsentrasi pemanis buatan, dan konsentrasi karagenan berpengaruh nyata terhadap karakteristik minuman jeli ikan lele, yaitu terhadap respon viskositas, total padatan terlarut, pH, rasa, dan tekstur. Tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap respon kadar gula reduksi, warna, dan aroma. Sampel terpilih adalah formula a3b3, yaitu dengan penambahan pemanis buatan (sakarin : siklamat) sebanyak 0.1% : 0,03%, dan karagenan sebanyak 0,3% dengan pH 5,50, kadar gula pereduksi 7,17%, viskositas 866,67 mPas, total padatan terlarut 20,54 °Brix, dan kadar protein 3.80%. Kata kunci : minuman jeli, ikan lele, karagenan, pemanis buatan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 19 Sep 2017 02:31
Last Modified: 19 Sep 2017 02:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29774

Actions (login required)

View Item View Item