PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DALAM TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRETED READING AND COMPOSITION (CIRC) DI KELAS XI SMAN 1 PARONGPONG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

GANI DARMAWAN, 135030077 (2017) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DALAM TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRETED READING AND COMPOSITION (CIRC) DI KELAS XI SMAN 1 PARONGPONG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I GANI.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II GANI.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III GANI.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text
BAB IV GANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V GANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul dari penelitian ini adalah “Pembelajaran Mengidentifikasi Informasi dalam Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integreted Reading and Composition (CIRC) di Kelas XI SMAN 1 Parongpong Tahun Pelajaran 2017/2018”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, menilai pembelajaran meng-identifikasi informasi dalam teks eksplanasi dengan menggunakan model pembe-lajaran CIRC pada peserta didik kelas XI SMAN 1 Parongpong? 2) Mampukah peserta didik kelas XI SMAN 1 Parongpong mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi dengan tepat? 3) Efektifkah metode CIRC digunakan dalam pem-belajaran mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi di kelas XI SMAN 1 Parongpong? Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang pelaksanaannya menggunakan jenis eksperimen kuasi dengan desain the one group pretest-postest. Populasi penelitian ini terdiri dari 30 siswa yang merupakan siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Parongpong. Pengumpulan data berupa hasil tes belajar yang dilaksanakan sebelum dan setelah proses pembelajaran (pretes dan postes). Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi infor-masi teks eksplanasi dengan menggunakan model CIRC pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Parongpong. Hal ini dibuktikan dari hasil penilaian perencana-an dan pelasakanaan pembelajaran penulis memperoleh nilai rata-rata 3,8 dengan kategori sangat baik. 2) Peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Parongpong mampu mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi dengan tepat. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai pretes dan postes. Nilai rata-rata pretes sebesar 36,3 dan nilai rata-rata postes sebesar 74,16. Jadi, ada peningkatan sebesar 40,8. Perolehan dari nilai rata-rata sikap yaitu 86,67. 3) Model Cooperative Integreted Reading and Composition efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan statistik dengan hasil t hitung > t tabel yakni 6,12 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 29. Berdasarkan data penelitian, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi dengan meng-gunakan model pembelajaran Cooperative Integreted Reading and Composition (CIRC) di kelas XI SMAN 1 Parongpong Tahun Pelajaran 2017/2018 dilaksana-kan dengan baik dan berhasil. Kata kunci: Mengidentifikasi informasi, teks eksplanasi, Cooperative Integreted Reading and Composition (CIRC).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Sep 2017 08:59
Last Modified: 18 Sep 2017 08:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29761

Actions (login required)

View Item View Item