PEMBELAJARAN MENGANALASIS SISTEMATIKA DAN KEBAHASAAN KARYA ILMIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DI KELAS XI SMAN 18 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

TARSISIUS BOBY S, 135030053 (2017) PEMBELAJARAN MENGANALASIS SISTEMATIKA DAN KEBAHASAAN KARYA ILMIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DI KELAS XI SMAN 18 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. RINGKESAN SUNDA.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I REVISI.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II REVISI.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III REVISi.pdf

Download (651kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (151kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Karya ilmiah adalah bentuk karangan atau tulisan yang membahas suatu permasalahan yang didalamnya terdapat sebuah gagasan, deskripsi, atau pemecahan masalah serta ditulis secara objektif dan jujur. Metode jigsaw merupakan metode pembelajaran dengan tujuan belajar aktif dalam sebuah kelompok belajar, khususnya pada pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah di kelas XI SMAN 18 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017. Permasalahan yang penulis ajukan adalah; (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah dengan menggunakan metode jigsaw di kelas XI SMAN 18 Bandung?; (2) Mampukah peserta didik kelas XI SMAN 18 Bandung melaksanakan kegiatan pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah?; (3) Efektifkah metode jigsaw digunakan dalam pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah di kelas XI SMAN 18 Bandung? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode pre-eksperimen jenis one group post pretes posttes dengan metode penelitian observasi, uji coba dan tes, adapun hasil penelitianya adalah: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah di kelas XI SMAN 18 Bandung. Hal ini dapat dibuktikan dari dengan nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, yang diperoleh penulis adalah 3,8. Dan termasuk ke dalam kategori sangat baik 2) Peserta didik XI SMAN 18 Bandung, mampu menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah. Hal ini dibuktikan, dengan hasil rata-rata pretes yaitu 49,41 dan nilai rata-rata postes 74,14, atau peningkatan sebesar 24,71. 3) Metode jigsaw efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis sitematika dan kebahasaan karya ilmiah. hal ini dibuktikan dari perhitungan statistik t hitung ≥ t tabel dengan 8,92 ≥ 1,02 dalam tingkat kepercayaan 95% dan dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 29. Berdasarkan data tersebut penulis menyimpulkan pembelajaran meng-analisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah di kelas XI SMAN 18 Bandung berhasil dengan baik. Kata Kunci: Metode jigsaw, menganalisis, karya ilmiah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Sep 2017 08:54
Last Modified: 18 Sep 2017 08:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29760

Actions (login required)

View Item View Item