VERA MARTA SARI, 135030060 (2017) PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS ULASAN FILM DENGAN MENGGUNAKAN METODE TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 28 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
8. RINGKESAN.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (474kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) | Preview |
Abstract
Menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan film merupakan salah satu kompe-tensi yang wajib dikuasai oleh siswa kelas VIII SMP. Dalam mengaplikasikan pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan film, penulis meng-gunakan metode pembelajaran two stay two stray. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis dalam melaksanakan pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan film dengan menggunakan metode two stay two stray, mengetahui kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Bandung dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan film, dan menguji keefektif-an penggunaan metode two stay two stray. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen kuasi (Quasi Experimental Design) dengan teknik studi pustaka, observasi, dan tes. Hasil penelitian yang didapatkan penulis adalah sebagai berikut: (1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan film dengan menggunakan metode two stay two stray. Dibuktikan dengan nilai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, yaitu 3,7, dengan kategori baik sekali; (2) siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Bandung tahun pelajaran 2016/2017 mampu menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan film dengan menggunakan metode two stay two stray. Terbukti dari peningkatan hasil belajar dengan nilai postes lebih besar dari nilai pretes, yakni 78,5 ≥ 12,3 dari skala 100; dan (3) metode two stay two stray efektif diterapkan dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan film. Hal ini dibuk-tikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung sebesar 30,6 dan hasil t tabel sebesar 2,03 pada tingkat kepercayaan 95% dengan db sebesar 33. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan film dengan menggunakan metode two stay two stray menunjukkan keberhasilan. Kata kunci: membaca, menelaah, pembelajaran, teks ulasan film, two stay two stray
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 18 Sep 2017 08:49 |
Last Modified: | 18 Sep 2017 08:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29759 |
Actions (login required)
View Item |