PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI DAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW DI KELAS X SMA NEGERI 1 MARGAASIH TAHUN PELAJARAN 2017/2018

LUKE LIANNA, 135030063 (2017) PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI DAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW DI KELAS X SMA NEGERI 1 MARGAASIH TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menganalisis adalah menguraikan suatu pokok untuk mengetahui bagian-bagiannya. Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang melaporkan hasil observasi secara sistematis dan objektif berupa hasil pengamatan. Model Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model Jigsaw di kelas X SMA Negeri 1 Margaasih. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) Apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model Jigsaw di kelas X SMA Negeri 1 Margaasih? (2) Apakah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Margaasih mampu menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi dengan tepat? (3) Efektifkah model Jigsaw digunakan dalam pembelajaran menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi di kelas X SMA Negeri 1 Margaasih?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang pelaksanaannya menggunakan jenis eksperimen kuasi dengan desain the one group pretes-postes. Adapun hasil penelitiannya adalah: (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model Jigsaw di kelas X SMA Negeri 1 Margaasih. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan sebesar 3,7 dan pelaksanaan sebesar 3,5. (2) Peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Margaasih mampu menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi dengan tepat. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes 45,8 dan nilai rata-rata postes sebesar 93,9. Jadi, adanya peningkatan sebesar 48,1. (3) Model Jigsaw efektif diterapkan dalam pembelajaran menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi di kelas X SMA Negeri 1 Margaasih. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung > t tabel yaitu yaitu 20,12 > 2,04 pada tingkat kepercayaan 95%, dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan sebesar 29. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penulis berhasil melakukan pembelajaran menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model Jigsaw di kelas X SMA Negeri 1 Margaasih. Kata kunci: Pembelajaran, menganalisis, teks laporan hasil observasi, model Jigsaw.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Sep 2017 08:31
Last Modified: 18 Sep 2017 08:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29755

Actions (login required)

View Item View Item