ANALISIS IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY UNTUK MENINGKATKAN REPUTASI PERUSAHAAN (STUDI PADA PT. PUPUK KUJANG CIKAMPEK)

Sungkono, NPM. 109113011 (2016) ANALISIS IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY UNTUK MENINGKATKAN REPUTASI PERUSAHAAN (STUDI PADA PT. PUPUK KUJANG CIKAMPEK). Disertasi(S3) thesis, UNPAS.

[img]
Preview
Text
Artikel-Sungkono.pdf

Download (682kB) | Preview

Abstract

; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan menjelaskan Implementasi Corporate Social Responsibility untuk meningkatkan reputasi perusahaan ( Studi pada PT Pupuk Kujang Cikampek ) di bawah bimbingan Promotor Prof. Dr. H.M. Sidik Priadana, MS. dan Co Promotor Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, SE., M.Si. Disertasi ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pengembangan ilmu manajemen khususnya ilmu manajemen sumber daya manusia dengan aplikasi tentang implementasi tanggungjawab sosial perusahaan terhadap masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode case study tentang Implementasi CSR pada PT Pupuk Kujang Cikampek, dengan key informan : unsur manajemen, penerima manfaat, pembina, distributor, dan pakar. Hasil analisis dengan standar deviasi diperoleh beberapa kriteria sebagai berikut : Implementasi CSRtentang alokasi keuntungan, pemberdayaan masyarakat, dan pelestarian lingkungan dengan kriteria baik; Implementasi CSR untuk reputasi perusahaan dengan kriteria baik; Implementasi CSR untuk mengatasi kendala reputasi perusahaan dengan kriteria baik; Strategi Implementasi CSR meningkatkan reputasi perusahaan dengan kriteria baik. Selain hasil wawancara dengan kriteria tersebut di atas, peneliti telah memperoleh temuan yaitu tentang “ policy “ sebagai bagian penting atas implementasi CSR oleh PT Pupuk Kujang Cikampek. Hal ini didukung atas hasil analisis SWOT dengan nilai IFAS tertinggi. Dapat disimpulkan, selain 3 P sebagaimana teori CSR ( Profit, People, dan Planet ), maka untuk implementasi CSR yang baik, tergantung pada kebijakan manajemen perusahaan ( Policy ) artinya sama dengan 4 P ( Profit; People; Planet; dan Policy ), di mana Policy dengan best practice sebagi strategi perusahaan untuk meningkatkan reputasi. Kata Kunci : Kebijakan manajemen perusahaan, sangat menentukan terhadap baik - tidaknya implementasi CSR.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: S3-Disertasi
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 08 Apr 2016 09:17
Last Modified: 08 Apr 2016 09:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/2952

Actions (login required)

View Item View Item