PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEBIASAAN BERPIKIR LUAS PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN

SYIFA HUDAIFA YULIANASARI, 135040132 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEBIASAAN BERPIKIR LUAS PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (618kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Syifa Hudaifa. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kebiasaan Berpikir Luas Pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Pembimbing 1 Drs. Yusuf Ibrahim, M. Pd. M. P dan Pembimbing 2 Ida Yayu Nurul Hizqiyah, S. Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Problem Based Learning (PBL) terhadap kebiasaan berpikir luas pada konsep pencemaran lingkungan. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor dalam kebiasaan berpikir luas, sedangkan bagi pendidik dan sekolah dapat dijadikan bahan pertimbangan alternatif untuk mengoptimalkan penerapan pembelajaran yang inovatif, aktif dan komunikatif serta dapat meningkatkan mutu lulusan sehingga dapat menciptakan lulusan yang kompeten dan mampu bersaing dengan lulusan dari sekolah lain. Subjek penelitian yaitu kelas X MIA 2 di SMA Negeri 22 Bandung dengan jumlah 36 orang. Metode yang digunakan adalah pra-eksperimen. Data hasil penelitian kemudian di analisis menggunakan uji-t dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ranah pada kognitif mendapat nilai N-Gain 0,7 dengan kriteria tinggi, penilaian pada ranah afektif mendapat nilai 85 dengan kriteria baik dan penilaian pada ranah psikomotor menunjukkan nilai 85 dengan mencapai kriteria sangat baik. Sedangkan untuk uji korelasi terdapat hasil bahwa semakin tinggi nilai psikomotor maka semakin tinggi pula nilai afektif dan kognitif yang diperoleh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kebiasaan berpikir luas pada konsep pencemaran lingkungan. Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), Habits of Mind, Kebiasaan Berpikir Luas, Pencemaran Lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Sep 2017 07:32
Last Modified: 15 Sep 2017 07:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29343

Actions (login required)

View Item View Item