PENGARUH KETERTARIKAN SISWA PADA MEDIA PEMBELAJARAN TAMPLATE POWERPOINT TERHADAP KETERAMPILAN BERPRESENTASI (Studi Pada Pelajaran Ekonomi Materi Koperasi Kelas X IPS 2 di SMA Negeri 16 Bandung)

Tania Aryani, 135020093 (2017) PENGARUH KETERTARIKAN SISWA PADA MEDIA PEMBELAJARAN TAMPLATE POWERPOINT TERHADAP KETERAMPILAN BERPRESENTASI (Studi Pada Pelajaran Ekonomi Materi Koperasi Kelas X IPS 2 di SMA Negeri 16 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (790kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketertarikan siswa pada media pembelajaran tamplate powerpoint terhadap keterampilan berpresentasi. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan tingkat eksplanasi asosiatif kausal yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana hubungan sebab akibat dari pengaruh ketertarikan siswa pada media pembelajaran Tamplate PowerPoint terhadap Keterampilan berpresentasi siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif non eksperimen, bertempat di SMA 16 Bandung dengan Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 2. Sampel yang digunakan dihitung dengan rumus slovin sebanyak 32 siswa, pengumpulan data dilakukan dua tehnik pengumpulan data yaitu angket dan survey. Sebelum dilakukan analisa data terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan realibilitas. Diketahui nilai data angket terdistribusi valid dan realibel. Selanjutnya dianalisa dengan menggunakan uji hipotesis analisis normalitas, regresi liner sederhana dan koefisien determinan dengan R Square 0,594 analisis data menggunakan bantuan pengolahan data melalui SPSS Versi 18.0. Hasil penelitian diketahui bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran tamplate powerpoint terhadap keterampilan berpresentasi. Hal ini dapat ditunjukan dengan (1) terdapat pengaruh penggunaan tamplate powerpoint yang ditunjukan dengan perhitungan uji regresi liner sederhana dengan persamaan Y = 11,784+ 1,388 X yang berarti bahwa setiap terjadinya kenaikan media tamplate powerpoint sebesar 11,784 akan diprediksikan meningkatkan Keterampilan presentasi siswa sebesar 1,388.(2) terjadi hubungan yang cukup kuat antara media pembelajaran tamplate powerpoint terhadap keterampilan presentasi siswa. Besar kontribusi yang diberikan oleh variabel media pembelajaran tamplate powerpoint dilihat dari R Square. Berdasarkan data diperoleh R Square 0,594 yang berarti pengaruh media tamplate powerpoint sebesar 59,4%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah (1) Penerapan media pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran tamplate powerpoint dapat dilakukan dengan baik pada matapelajaran ekonomi khususnya materi koperasi. (2) Keterampilan presentasi siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS 2 di SMAN 16 Bandung menunjukkan hasil yang baik. (3) Terdapat pengaruh keterarikan media pembelajaran powerpoint terhadap keterampilan presentasi siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 2 di SMAN 16 Bandung. Kata Kunci: Media tamplate powerpoint, X IPS 2, keterampilan presentasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Sep 2017 07:22
Last Modified: 15 Sep 2017 07:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29342

Actions (login required)

View Item View Item