PENGARUH PENYULUHAN, PELAYANAN, PEMERIKSAAN DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Survei pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di KPP Pratama Bojonagara)

Dominggo H Simanullang, 114020441 (2016) PENGARUH PENYULUHAN, PELAYANAN, PEMERIKSAAN DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Survei pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di KPP Pratama Bojonagara). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas.

[img]
Preview
Text
0 COVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1 ABSTRAK.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB I.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

i ABSTRAK Kepatuhan Wajib Pajak adalah masalah yang menjadi bagian dari penerapan self assessment system. Oleh karena itu, keberhasilan pemungutan pajak yang menggunakan self assessment system sangat ditentukan oleh tinggi rendahnya tingkat kepatuhan Wajib Pajak. Dengan melakukan kegiatan penyuluhan pajak, memberikan pelayanan yang baik, meningkatkan pelaksanaan pemeriksaan pajak, dan pengenaan sanksi pajak kepada Wajib Pajak yang melanggar aturan perpajakan, diharapkan mampu meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak di setiap Kantor Pelayanan Pajak (KPP) termasuk di KPP Pratama Bojonagara. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penyuluhan, Pelayanan, Pemeriksaan dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Survei pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di KPP Pratama Bojonagara)”. Penelitian ini bertujuan untuk gambaran dan pengaruh penyuluhan, pelayanan, pemeriksaan, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Bojonagara baik secara simultan maupun parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif asosiatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Bojonagara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling insidental. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa penyuluhan, pelayanan, pemeriksaan, dan sanksi pajak di KPP Pratama Bojonagara termasuk kategori baik. Hasil pengujian hipotesis secara parsial membuktikan bahwa penyuluhan pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, sedangkan pelayanan, pemeriksaan, dan sanksi pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Secara simultan, penyuluhan pajak, pelayanan pajak, pemeriksaan pajak, dan sanksi pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Bojonagara dengan nilai koefisien determinasi sebesar 53,1% sedangkan sisanya sebesar 46,9% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Penyuluhan Pajak, Pelayanan Pajak, Pemeriksaan Pajak, Sanksi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2011
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 08 Apr 2016 06:48
Last Modified: 08 Apr 2016 06:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/2930

Actions (login required)

View Item View Item