PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TANGGAPAN SECARA TULIS ISI BUKU NONFIKSI YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

TIKA ISKANDARWATI, 135030007 (2017) PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TANGGAPAN SECARA TULIS ISI BUKU NONFIKSI YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.BAB 1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB 2.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB 3.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
13.Daftar pustaka.pdf

Download (137kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menyajikan tanggapan secara tulis isi buku nonfiksi yang dibaca adalah salah satu pembelajaran yang mempermudah siswa dalam proses pengembangan kreativitas dalam mengungkapkan pikiran, perasaan, ide dan memerlukan tingkat pemahaman yang tinggi sehingga mampu mengemukakan kritik dengan tulisan dari inti karangan atas dasar fakta yang tertuang dalam teks bacaan serta mampu membaca dan menulis secara efektif. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyajikan tanggapan secara tulis isi buku nonfiksi yang dibaca dengan menggunakan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandung?; 2) Mampukah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandung menyajikan tanggapan secara tulis isi buku nonfiksi yang dibaca dengan tepat?; 3) Efektifkah model cooperative integrated reading and composition (CIRC) digunakan dalam pembelajaran menyajikan tanggapan secara tulis isi buku nonfiksi yang dibaca pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandung?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan siswa, dan ketepatan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) dalam pembelajaran menyajikan tanggapan secara tulis isi buku nonfiksi yang dibaca pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandung. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyajikan tanggapan secara tulis isi buku nonfiksi yang dibaca pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandung; 2) Siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandung mampu menyajikan tanggapan secara tulis isi buku nonfiksi yang dibaca dengan tepat; 3) Model cooperative integrated reading and composition (CIRC) efektif digunakan dalam pembelajaran menyajikan tanggapan secara tulis isi buku nonfiksi yang dibaca pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode quasi eksperimen dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, tes, dan teknik analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyajikan tanggapan secara tulis isi buku nonfiksi yang dibaca dengan menggunakan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandung. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai perencanaan 4,0 dan pelaksanaan sebesar 3,6. 2. Siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandung mampu menyajikan tanggapan secara tulis isi buku nonfiksi yang dibaca menggunakan model cooperative integrated reading and composition (CIRC). Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretes yaitu 66,3 dan nilai rata-rata postes yaitu 82,1. Jadi, ada peningkatan sebesar 15,8 atau setara dengan 4,38%. 3. Model cooperative integrated reading and composition (CIRC) efektif digunakan dalam pembelajaran menyajikan tanggapan secara tulis isi buku nonfiksi yang dibaca pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung>ttabel yakni 8,4 > 2,04 yakni pada tingkat kepercayaan 95%, dan d.b sebesar 35. Berdasarkan fakta tersebut, penulis simpulkan bahwa pembelajaran telah berhasil. Kata Kunci: Menyajikan tanggapan, keterampilan menulis, buku nonfiksi, keterampilan membaca, cooperative integrated reading and composition (CIRC).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Sep 2017 02:37
Last Modified: 15 Sep 2017 02:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29285

Actions (login required)

View Item View Item