PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI (SELF-CONFIDENCE) SISWA SMA

DIAH AYU LESTARI, 135050063 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI (SELF-CONFIDENCE) SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (584kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Diah Ayu Lestari. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Siswa SMA”. Dalam matematika, kemampun berpikir kritis matematis adalah salah satu ciri pembelajaran matematika yang sangat dibutuhkan menurut Evie E.Y. Namun, pada kondisi pembelajaran di sekolah saat ini masih menunjukkan rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Salah satu alternatif pembelajaran yang lebih baik dalam kemampuan berpikir kritis matematis siswa adalah pembelajaran model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dan siswa yang memperoleh pembelajaran model konvensional dan juga untuk mengetahui self-convidence siswa yang mendapatkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan pembeljaran konvensional, dan untuk mengetahui korelasi terhadap kemampun berpikir kritis matematis dengan self-convidence siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pasundan 8 Bandung tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel yang dipilih dua kelas secara acak yaitu siswa kelas XI-2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI-1 sebagai kelas control. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis (pretes dan postes), dan self-convidence (pretes dan postes). Analisis data dilakukan dengan menggunakan program software SPSS versi 18.0 for windows. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan self-convidence siswa positif terhadap penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran matematika. Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), berpikir kritis matematis, self-convidence

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Sep 2017 02:25
Last Modified: 15 Sep 2017 02:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29282

Actions (login required)

View Item View Item