DIAH AYU LESTARI, 135050063 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI (SELF-CONFIDENCE) SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
Cover.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (584kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (978kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) | Preview |
Abstract
Diah Ayu Lestari. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Siswa SMA”. Dalam matematika, kemampun berpikir kritis matematis adalah salah satu ciri pembelajaran matematika yang sangat dibutuhkan menurut Evie E.Y. Namun, pada kondisi pembelajaran di sekolah saat ini masih menunjukkan rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Salah satu alternatif pembelajaran yang lebih baik dalam kemampuan berpikir kritis matematis siswa adalah pembelajaran model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dan siswa yang memperoleh pembelajaran model konvensional dan juga untuk mengetahui self-convidence siswa yang mendapatkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan pembeljaran konvensional, dan untuk mengetahui korelasi terhadap kemampun berpikir kritis matematis dengan self-convidence siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pasundan 8 Bandung tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel yang dipilih dua kelas secara acak yaitu siswa kelas XI-2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI-1 sebagai kelas control. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis (pretes dan postes), dan self-convidence (pretes dan postes). Analisis data dilakukan dengan menggunakan program software SPSS versi 18.0 for windows. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan self-convidence siswa positif terhadap penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran matematika. Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), berpikir kritis matematis, self-convidence
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 02:25 |
Last Modified: | 15 Sep 2017 02:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29282 |
Actions (login required)
View Item |