USULAN STRATEGI PERUSAHAAN DALAM RANGKA MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN FARMASI DI PT. SANBE FARMA)

MEGI GINANJAR, 113010058 and Iman Firmansyah, DS and Bram Andryanto, DS (2016) USULAN STRATEGI PERUSAHAAN DALAM RANGKA MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN FARMASI DI PT. SANBE FARMA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (432kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Persaingan usaha dibidang industri farmasi semakin menngkat dewasa ini, hal tersebut ditambah dengan kondisi masa depan yang semakin penuh tantangan dan ketidakpastian. Faktor-faktor eksternal dapat menjadi ancaman dan peluang bagi perusahaan. Kondisi ekonomi akibat krisis ekonomi yang melanda kawasan Asia termasuk Indonesia telah meruntuhkan sendi-sendi ekonomi, termasuk sektor industri, sehingga banyak industry nasional yang gulung tikar. PT. Sanbe Farma sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri farmasi membutuhkan suatu rumusan strategi bersaing yang tepat agar mampu bertahan dan memenangkan persaingan. Perumusan alternatif strategi ini terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap masukan (Input Stage), tahap penyesuaian (Matcing Stage), dan tahap keputusan (Decision Stage). Sebagai langkah awal dilakukan identifikasi data eksternal dan data internal perusahaan. Pada tahap masukan dilakukan analisa faktor-faktor internal dengan menggunakan Internal Factor Evaluation (IFE) matrix, sementara faktor-faktor eksternal dengan menggunakan External Factor Evaluation (EFE) Matrix. Tahap penyesuaian, dilakukan dengan menggunakan matriks QSPM untuk menghasilkan alternative strategi bagi perusahaan, yaitu, Strategic Positioning and Action Evaluation (SPACE) Matrix. Sehingga strategi yang dihasilkan adalah tiga buah alternatif strategi untuk digunakan sebagai bahan analisa pada tahap berikutnya. Tahap keputusan dilakukan analisa dengan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) ini diperoleh bahwa prioritas alternative strategi yang paling menarik dan yang mungkin untuk dilakukan adalah strategi pengembangan pasar dengan jumlah nilai TAS 6,66, strategi penetrasi pasar dengan jumlah nilai TAS 5,80, strategi pengembangan produk dengan jumlah nilai TAS 4,94. Dari ketiga alternatif strategi tersebut dipilih alternatif yang paling memungkinkan dengan memperhitungkan kemampuan perusahaan, dalam hal ini yaitu “Strategi pengembangan pasar”. Melalui usulan strategi bisnis ini diharapkan PT. Sanbe Farma mampu meningkatkan pangsa pasar dan meningkatkan keunggulan daya saing yang berkelanjutan dalam menghadapi persaingan pada masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 08 Apr 2016 06:29
Last Modified: 08 Apr 2016 06:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/2928

Actions (login required)

View Item View Item