STUDI POPULASI LALAT BUAH Bactrocera dorsalis KOMPLEKS (DIPTERA: TEPHRITIDAE) DI PANTAI SINDANGKERTA CIPATUJAH KABUPATEN TASIKMALAYA

RD. MAKHRUNISA CEMPAKA WANGI, 135040069 (2017) STUDI POPULASI LALAT BUAH Bactrocera dorsalis KOMPLEKS (DIPTERA: TEPHRITIDAE) DI PANTAI SINDANGKERTA CIPATUJAH KABUPATEN TASIKMALAYA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Sampul SKRIPSI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB III METODOLOGI.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text
13. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img] Text
14. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Rd. Makhrunisa Cempaka Wangi. 2017. Studi Populasi Lalat Buah Bactrocera dorsalis Kompleks di Pantai Sindangkerta Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Dibimbing oleh Dra. Lilis Suhaerah, M.Kes. dan Drs. Suhara, M.Pd. Penelitian mengenai “Studi Populasi Lalat Buah Bactrocera dorsalis Kompleks di Pantai Sindangkerta Kecamatan Cipatujah” telah dilakukan pada bulan Mei 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai nilai kelimpahan, perbandingan jumlah lalat jantan maupun betina, dan identifikasi parasitoid dari hasil rearing pupa pada buah ketapang. Metode penelitian yang digunakann adalah metode deskriptif dengan desain penelitian belt transect dan menggunakan perangkap dengan atraktan ME (Methyl eugenol). Pengambilan sampel dilakukan pada zona darat (terestrial) di enam stasiun dengan tiga kuadrat tiap stasiun. Data yang diambil ialah data Bactrocera dorsalis Kompleks dan data pendukung lingkungan (Suhu udara, kelembaban, kecepatan arah angin, dan intensitas cahaya). Analisis data meliputi pengaruh antara kelimpahan dengan faktor lingkungan ditentukan berdasarkan koefisien regression linier multiple melalui aplikasi pengolah data SPSS. Hasil penelitian menunjukkan nilai kelimpahan Lalat Buah Bactrocera dorsalis Kompleks cukup banyak sekitar 135 lalat dan didapatkan tiga spesies yang berbeda dari enam stasiun, yaitu Bactrocera papayae, Bactrocera carambolae, dan Bactrocera neocognata. Ada pengaruh faktor lingkungan terhadap nilai kelimpahan, khususnya suhu udara. Hasil rearing pupa diperoleh perbandingan, jumlah betina lebih banyak dibandingan jumlah jantan sekitar 38%:62%. Hasil rearing pupa tidak ditemukan adanya parasitoid, ada berbagai faktor yang beralasan. Pada penelitian selanjutnya saat melakukan rearing lebih baik tidak hanya menguji pada satu macam buah tetapi dengan beberapa buah untuk perbandingan. Kata Kunci: Bactrocera dorsalis Kompleks, Lalat Buah, Pantai Sindangkerta, Parasitoid, Perbandingan, Studi populasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Sep 2017 03:50
Last Modified: 13 Sep 2017 03:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29222

Actions (login required)

View Item View Item