EFEKTIVITAS METODE SOCRATIC CIRCLES DISERTAI MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM IMUN

SELVI LISA PERTIWI, 135040067 (2017) EFEKTIVITAS METODE SOCRATIC CIRCLES DISERTAI MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM IMUN. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER TERBARU (SKRIPSI).pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK (B.INGGRIS).pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK (B.INDONESIA).pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK (B.SUNDA).pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 (NEW).pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (NEW).pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (NEW).pdf

Download (838kB) | Preview
[img] Text
BAB IV (NEW).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
BAB V (NEW).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA (NEW).pdf

Download (323kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya pemahaman siswa kelas XI MIA SMA PGRI 1 Bandung terhadap konsep yang disebabkan antara lain oleh penerapan metode pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa sulit memahami pesan konsep yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas penggunaan metode Socratic Circles disertai media gambar terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada konsep sistem imundi SMA PGRI 1 Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bandung yang terdiri dari kelas XI MIA dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Pra Eksperimental dengan rancangan One Group Pretest Posttest Design. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan yang mengukur ranah kognitif berupa 20 soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan pencapaian indikator pembelajaran yang sudah di uji cobakan sebelumnya. Peningkatan hasil belajar di uji dengan uji z pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0.05) hasil analisis data menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan nilai indeks gain 0,30 ˂ g ≤ 0,70 maka N-gain yang dihasilkan termasuk kategori sedang. Dengan demikian, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode Socratic Circles yang disertai media gambar efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada konsep sistem imun. Kata Kunci : Efektivitas, Metode Socratic Circles, Media Gambar, Hasil Belajar, Sistem Imun.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Sep 2017 02:47
Last Modified: 13 Sep 2017 02:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29209

Actions (login required)

View Item View Item